Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik Kelas 7 UPTD SMPN 1 Barru Melalui Model Problem Based Learning

Faisal Can Putra(1*), Arifah Novia Arifin(2), Arniati Rasyid(3),

(1) UPTD SMPN 1 Barru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SMPN 1 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan tentang peningkatan keterampilan berkomunikasi peserta didik kelas 7 di UPTD SMPN 1 Barru pada pelajaran IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi dan tes keterampilan komunikasi kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil observasi keterampilan komunikasi siklus 1 sebesar 59,37% meningkat menjadi 70,50% pada siklus 2. Sedangkan hasil tes keterampilan komunikasi memperoleh nilai ketuntasan klasikal 26,67% pada siklus 1 meningkat menjadi 93,33% pada siklus 2. Sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik.

Kata Kunci : Keterampilan Berkomunikasi, Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 182 times | PDF view : 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.