Pelatihan Media Pembelajaran Powerpoint Menggunakan Canva Di MTSN 1 Mamuju

Khairin Nisa(1*), Serliayunda Putri(2), Nurul Ekasafitri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru terkait teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran menyebabkan guru kurang kreatif sehingga membuat minat belajar siswa menjadi bosan dan tidak menyenangkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan memberikan manfaat media powerpoint dalam pembelajaran khususnya dalam menggunakan aplikasi canva kepada siswa. Canva merupakan platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual. Selain itu, dengan adanya media ini, proses pembelajaran dapat memberikan dampak pada hasil belajar siswa. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan penggunaan media pembelajaran power point menggunakan Canva yang dilakukan secara tatap muka di MTsN 1 Mamuju. Objek penelitian adalah siswa kelas VII dengan perwakilan 2 orang per kelas dan 10 orang anggota MYRES. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah peserta dapat merancang dan dapat mengimplementasikan aplikasi canva dengan baik dan mendesain pembelajaran dengan tepat dan menyenangkan.


Keywords


Media pembelajaran, Powerpoint, Canva

Full Text:

PDF

References


Dina, Batan, H., Tandiayu, E. G., & Ervianti. (2023). Pemanfaatan Media Presentasi Berbasis Canva dalam Pembelajaran Website. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2 (1), 60-67.

Purba, A. P., Sitanggang, E. S., Simatupang, E. M., & Purba, A. M. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS ONLINE MENGGUNAKAN CANVA DI SMK SWASTA KARYA, KEC. TARUTUNG. PASSA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Desa, 11-15.

Saiful, Ismail, H., Mukhsin, M. A., Bakri, R. A., & Firdaus, A. M. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Kreatif bagi Guru-Guru Di Kecamatan Bulukumpa. Jurnal SOLMA, 12 (1), 89-98.


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khairin Nisa, Serliayunda Putri, Nurul Ekasafitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat