Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik SDN Inpres Godang Melalui Pemberian Layanan Bimbingan Klasikal

Resky Annisya(1*), Fatchur Rahman(2), Muh Zulqadar N(3), Regina Regina(4), Warhamna Warhamna(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
(3) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
(4) Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(5) Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Bimbingan merupakan proses pemberian bantuan kepada seseorang atau sekelompok orang secara terus menerus dan sistematis oleh guru pembimbing agar individu tersebut menjadi pribadi yang mandiri. Pembelajaran adalah proses yang diberikan pendidik untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Berdasarkan dari hasil observasi awal di sekolah, permasalahan yang ada yaitu banyaknya peserta didik yang tidak mengikuti jadwal pembelajaran, cenderung menganggap remeh pembelajaran yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian yang kami lakukan adalah mengenai ”Pemberian Layanan Bimbingan Klasikal Peserta Didik Upaya Meningkatkan Kualitas Belajar SD Negeri  Inpres Godang". Dalam peningkatan kualitas belajar peserta didik di SD Negeri Inpre Godang melalui beberapa tahap kegiatan diantaranya observasi, konsultasi dengan guru bimbingan SD Negeri InpresGodang, penyusunan materi layanan bimbingan, dan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal. Pemberian layanan bimbingan ini dimaksudkan dengan tujuan yaitu: (1) peserta didik mampu mengetahui jenis-jenis metode belajar, (2) peserta didik mampu memahami jenis-jenis metode belajar, (3) peserta didik mampu menentukan metode belajar yang sesuai dirinya.


Keywords


Bimbingan; kualitas belajar; Peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. wulan, Wiharti, U., & Soleha, N. M (2019). “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia”. Jurnal Buana Pengabdian, Vol 3, No.1 (2019): 66–72.

Ghufron, Moh, dkk. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Metode Bimbingan Klasikal Berbasis Media Audio Visual Dalam: Literatur Review.” Jurnal Konseling Pendidikan Islam, Vol 3, No.2 (2022): 333.

Khoiriyah, Elvia, dkk. “Program Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19: Kajian Pustaka.” Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, Vol 4, No.1 (2021)

Suharni, & Purwanti. Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 3, No.1 (2018). 131–145.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Resky Annisya, Fatchur Rahman, Muh Zulqadar N, Regina Regina, Warhamna Warhamna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat