Tingkatkan Kemampuan Pengajaran dengan Pelatihan ChatGPT dan Canva: Strategi dan Aplikasi untuk Guru di MTs. As’adiyah Banua Baru
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(8) Universitas Negeri Makassar
(9) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam era digital yang terus berkembang, integrasi teknologi ke dalam pendidikan menjadi suatu keharusan bagi guru agar tetap relevan dan efektif dalam metode pengajaran mereka. Salah satu inovasi yang menjanjikan adalah penggunaan ChatGPT, model bahasa generatif berbasis kecerdasan buatan dan Canva sebagai aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Artikel ini membahas strategi dan aplikasi dari pelatihan ChatGPT dan Canva khusus untuk para guru di MTs. As’adiyah Banua Baru. Melalui program pengabdian masyarakat ini mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM Angkatan XXVII memberikan kontribusi positif dengan memberikan pelatihan intensif selama dua hari kepada guru-guru MTs. As’adiyah Banua Baru. Guru dapat memahami potensi ChatGPT dan Canva dalam mendukung proses belajar mengajar, mulai dari penyusunan materi ajar yang dinamis, interaksi dengan siswa berbasis teknologi, hingga penilaian otomatis atas pemahaman materi siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perubahan signifikan dalam pemahaman dan penerapan teknologi tersebut oleh guru-guru MTs. As’adiyah Banua Baru. hal ini membuktikan bahwa pelatihan ini bukan hanya meningkatkan kualitas pengajaran tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dalam era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Angelina, N. (2018). Komodifikasi Perbedaan Dalam Masyarakat Digital (Tinjauan Sosiologi Terhadap Komoditas Kapitalisme Di Era Masyarakat Digital). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 116. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20408
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000
Maulana, M. S., Widianto, S. R., Dewi, S., Safitri, A., Maulana, R., Bina, U., Informatika, S., Laut, B. B., & Pontianak, K. (2023). PELATIHAN CHAT GPT SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN. 3(1), 16–19.
Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Kamayani, M. (2023). PEMANFAATAN CHATGPT DALAM DUNIA PENDIDIKAN. 9(1), 25–30.
Wulandari, T., Mudinillah, A., Islam, A., Batusangkar, N., Tinggi, S., & Islam, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI / SD. 2(1), 102–118.
Alwi.(2019), Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Sekolah dasar Negeri 2 GU. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 7(2), 180–189. https://hukum.unidayan.ac.id/index.php/JFKIP/article/download/84/58
Article Metrics
Abstract view : 12 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sari Wulandari, Muhammad Nurhadi DM, Alvin -, Muh. Rival Basir, Putri Ayu Andini, Nadhifah Aliyya Salsabila
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat