Literasi MembacaAl-quran jadi Rutinitas Setiap Jumat di SMKN 3 Barru
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Secara luas, literasi diartikan sebagai kemampuan berbahasa yang mencakup kemampuan membaca, menulis, menyimak, berbicara, serta kemampuan berfikir yang menjadi elemen literasi. Literasi berawal sejak diturunkan wahyu Al-Qur’an yang pertama yaitu Iqra’ yang artinya bacalah. Dengan adanya kegiatan literasi Al-Qur’an dikalangan pelajar agar dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik dalam membaca dan mempelajari Al-Qur’an sebagai pedoman hidup serta meningkatkan iman dan taqwa melalui pendidikan sekolah. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata(KKN) Universitas Negeri Makassar di SMKN 3 Barru di Desa Bojo Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru diharapkan agar dapat tercipta budaya baru, sebuah budaya membaca, menulis, dan mempelajari Al-Qur’an, sehingga terciptalah generasi pecinta Al-Qur’an yang berbudi pekerti luhur.
Full Text:
PDFReferences
Jalil, Jasman Pendidikan Karakter : Implementasi oleh Guru, Kurikulum dan Sumber Daya Pendidikan
. Cet. I ; Suka Bumi : CV Jejak, 2018
Devianty, R. “Manfaat Literasi untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ijtimaiyah”.
Basinun “Konsep Literasi Informasi (Information Literacy) dalam Pendidikan Islam “. Al Makabah.
Vol, No 1 (2018
Article Metrics
Abstract view : 1 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Moh Faisal, Herman H
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat