PEMBUATAN COCOPEAT SEBAGAI MEDIA TANAM DARI LIMBAH KERAJINAN SABUT KELAPA DI DESA PESULOANG

Thaliasty 01 02(1*), Fadil Abdillah(2), Anas 1(3), Nursia Nur(4), Idris 1(5), Liku Rantepadang(6), A.Hairunnisa 1(7), Juliana 1(8),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makssar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(8) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pembuatan Cocopeat dalam upaya Pemanfaatan limbah kerajinan sabut kelapa (sapu ijuk) Masyarakat Desa Pesuloang Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumberdaya manusia (SDM) serta menjadi program prioritas dalam ber-KKN di desa Pesuloang. Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan pemanfaatan sabut kelapa menjadi media tanam cocopeat dengan cara sederhana, menggunakan alat dan bahan yang mudah diperoleh dan dapat dilakukan oleh semua masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat desa Pesuloang Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene bertambah pengetahuan dan keterampilannya dalam pemanfaatan limbah kerajinan dari sabut kelapa menjadi media tanam cocopeat, selanjutnya agar serbuk kelapa di desa ini bisa menjadi penghasilan tambahan dan bermanfaat bagi masyarakat desa Pesuloang.


Keywords


cocopeat, sapu ijuk, kerajinan

Full Text:

PDF

References


Afobalia, A.,& Zaria, A. (2015). The Effect Of Entrepreneurship On Economy growth and development in nigeria. International Journal of Development and Economic Sustainability, 3(2), 49 – 65.

Ariatma, A. A., Kadir, A., & Fahruddin, F. (2019). Pemanfaatan Limbah Serabut Kelapa di Desa Korleko Kecamatan Labuhan Haji Kebupaten Lombok Timur. Jurnal Warta Desa, 1(3).

Cahyana, Mukhroji., & M, Bakrum.(1999). Pembibitan, Pembudidayaan, dan Analisis Usaha dan Budidaya Jamur Tiram. Penebar Swadaya. Jakarta.

Fahmi, Z. I. (2013). Media tanam sebagai faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Balai besar perbenihan dan proteksi tanaman perkebunan Surabaya.

Faizi, M. N., Adam., & Bidiyanto Nirwan. 2021. Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Dijadikan Cocopeat dan Bahan Dasar Kerajinan dengan Penerapan Mesin Pencacah Multi Fungsi pada Petani Kelapa di Desa Pematang Duku Timur. TANJAK, 2(1).

Feriady, A., Efrita, E., & Yawahar, J. (2020). Pembuatan Cocopeat Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Tambah Sabut Kelapa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(3), 406-416

Irawan, A.,& Hanif Nurul Hidayah. (2014). Kesesuaian penggunaan Cocopeat sebagai media sapih pada politube dalam pembibitan cempaka (Magnolia elegans (Blume.) H.Keng). Jurnal Wasian. 1(2), 73-76.

Irawan, A.,& Y, Kafiar. (2015). Pemanfaatan cocopeat dan arang sekam padi sebagai media tanam bibit cempaka wasian (Elmerrilia Ovalis). Jurnal Pros Semnas Masybiodiv Indon. 1(4), 805- 808.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 365 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Thaliasty 01 02, Fadil Abdillah, Anas 1, Nursia Nur, Idris 1, Liku Rantepadang, A.Hairunnisa 1, Juliana 1

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat