Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis AKM bagi Guru-Guru SD di Kota Makassar

Nurhaedah Nurhaedah(1*), Faidah Yusuf(2), Abdul Rahman(3), Lutfi Lutfi(4), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(5),

(1) Universitas Negeri Makasar
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) Universitas Negeri Makasar
(4) Universitas Negeri Makasar
(5) Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Diberlakukannya AKM terutama di sekolah dasar menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah terutama guru yang menjadi ujung tombak pembelajran di kelas. Guru harus berupaya semaksimal mungkin untuk mempersiapkan siswa menghadapi AKM. Kenyataan menunjukkan bahwa belum semua guru memahami AKM secara utuh terutama berkaitan dengan pengembangan instrument atau soal yang bercirikan AKM masih belum dikuasai sepenuhnya oleh guru. Demikian halnya yang terjadi di sekolah mitra. Kemampuan guru dalam menyusun soal yang bervariasi dan memenuhi kriteria AKM masih terbatas. Hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah mitra yang telah dilakukan sebelumnya. Kegiatan ini  dlaksanakan tepatnya di lokasi SD Kompleks Galangan Kapal Kecamatan Tallo Kota Makassar; UPT SPF SDN Tallo Tua 69 yang terletak di bagian utara Kota Makassar. Pelaksanaannya dilakukan dengan metode: 2) Observasi, yaitu mengadakan orientasi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para guru yang terkait dengan penyusunan soal berbasis AKM; 3) Ceramah, dilakukan untuk memperkenalkan beberapa materi tentang Hakikat dan karakteristik soal-soal berbasis AKM; 4) Demonstrasi, memberikan praktek langsung pada peserta dalam menyusun soal berbasis AKM. Hasilnya adalah program terlaksana dengan lancar dan sesuai rencana, peserta memperlihatkan motivasi dan perhatian yang serius terhadap materi pelatihan, pengajaran dan penerapan penyusunan soal berbasis AKM.

Full Text:

PDF

References


Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608

Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran, Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–125.

Murni, V., Nendi, F., Jundu, R., Men, F. E., Pantaleon, K. V., Jehadus, E., & Jeramat, E. (2022). Pelatihan Penyusunan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Di SMK Bina Kusuma Ruteng. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 2(8.5.2017), 2003–2005.

Purwasih, J. H. G., & Wahananto, J. (2022). Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Pelatihan Guru Yayasan Pondok Pesantren Fathul Hidayah Lamongan. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 5(1), 1. Doi:https://doi.org/10.17977/um032v5i1p1-7.

Purwasih, Joan. (2020). Kendala Calon Pendidik Dalam Membuat Soal Pilihan Ganda Higher Order Thinking (Hot). Jurnal Sosial Humaniora. 13. 12. Doi: https://doi.org/10.12962/j24433527.v13i1.6746.

Puslitjakdikbud (2018). Muatan HOTs pada pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud.

Rahmawati. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v.4, n.1, p.59-65. Available at: http://conferences.uin malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1502>. Date accessed: 18 sep. 2022

Suryanti, Nadia Luthfi Choirunnisa, Ganes Gunansyah, Neni Mariana, Wahyu Sukartiningsih (2022) Pelatihan Penyusunan Soal Literasi dan Numerasi bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 11 (3): 586-597. Doi: https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10071


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhaedah Nurhaedah, Faidah Yusuf, Abdul Rahman, Lutfi Lutfi, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat