Pendampingan Pembuatan Toko Online Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang

Umi Tursini(1*), Lasim Muzammil(2), Susmita Dian Indiraswari(3), Andri Fransiskus Gultom(4), Suparno Suparno(5), Fahmi Arif Zakaria(6),

(1) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(2) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(3) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(4) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(5) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(6) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(*) Corresponding Author



Abstract


Perkembangan transaksi lewat martkeplace memberikan peluang besar bagi pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan dan omset mereka dengan basis online. Sayangnya, kebanyakan pelaku usaha di Indonesia masih terpaku dengan sistem konvensional. Hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS, 2019) menunjukkan bahwa sebanyak 84,92% pelaku usaha masih belum berjualan di marketplace dengan berbagai alasan. Banyak UMKM (Usaha Mikro , Kecil, dan Menengah) di Malang yang belum menjual produk mereka secara online, salah satunya mitra dalam kegiatan pengabdian ini. Mitra memiliki toko offline yang bernama Bolalicious yang menjual berbagai produk olahraga seperti bola, kaos olahraga, kaos kaki, sepatu olahraga, jaket, dan sebagainya. Produk yang di jual sudah cukup beragam dan lumayan banyak pengunjung yang datang. Selama ini pemasaran hanya lewat jalur offline di jual di toko dan lewat instagram. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan dan pedampingan dalam membuka toko online; optimasi penjualan; dan dalam membalas chat dan memproses order. Kegiatan pengabdian di laksanakan di toko offline mitra. Mitra dan 2 karyawannya langsung mendapat pelatihan untuk membuka toko di Lazada. Mitra mengaku merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan pengabdian ini karena mitra mendapat pengetahuan yang cukup tentang cara membuka toko online tidak hanya di Lazada tetapi di marketplace yang lain juga.

Keywords


Usaha Mikro; Kecil dan Menengah; Toko Online; Marketplace; Optimasi Penjualan

Full Text:

PDF

References


Ananda, A.D. & Susilowati, D. 2017. Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang.Journal Ilmu Ekonomi Vol X Jilid X (120-142).

Apriadi, D. & Saputra, A.Y. 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol. 1 No. 2 (131– 136).

Badan Pusat Statistik, Statistik E-commerce 2019, https://www.bps.go.i (diakses pada 20 Mei 2022 pukul 20:15).

Indiraswari, S. D., Zakaria, F. A., Gultom, A. F., Suparno, S., & Tursini, U. (2023). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Mewujudkan Desa Maju di Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 25-30.

Kontan.co.id. 2021. Total nilai transaksi 4 marketplace terbesar pada tahun 2020 capai Rp 276,87 triliun. https://nasional.kontan.co.id/news/total-nilai-transaksi-4-marketplace-terbesar-pada-tahun-2020-capai-rp-27687-triliun ((diakses pada 18 Mei 2022 pukul 16:15).

Nurkholis, M. A., & Badawi, B. (2019, February). Profesionalisme guru di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Rokibah, S. (2021). Analisis Swot Perbankan Syariah menghadapi perkembangan financial technology (Fintech)(Studi Kasus di PT. Bank BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1) (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Sembiring, N. T. B. (2021). Mempertahankan Keberadaan Pendidikan Pancasila di Era Revolusi Industri 4.0. Paidea: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 54-60.

Sukmawati, S. (2020). Implementasi pemanfaatan google classroom dalam proses pembelajaran online di era industri 4.0. Jurnal Kreatif Online, 8(1).

Widagdo, P. 2016. Perkembangan Elektronik Commerce (E-Commerce) di Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/311650384_Perkembangan_Electronic_Commerce_E-Commerce_di_Indonesia (diakses pada 20 Mei 2022 pukul 19:00).

Yusnaini, Y., & Slamet, S. (2019, March). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Umi Tursini, Lasim Muzammil, Susmita Dian Indiraswari, Andri Fransiskus Gultom, Suparno Suparno, Fahmi Arif Zakaria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat