Pembenahan Lapangan Futsal untuk Meningkatkan Integritas Sekolah dan Meningkatkan Skill dan Prestasi Siswa di Bidang Olahraga di SMP NEGERI 2 SIMBORO

Amaludin Qamarullah(1*), Herman Dody(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan mendeskripsikan masalah- masalah atau kebutuhan di sekolah menengah pertama yang belum terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan data yang menggambarkan secara rinci keadaan yang ada di lapangan dan sumber data diperoleh dari hasil dari wawancara dengan kepala sekolah terkait masalah ataupun hal yang dibutuhkan sekolah dan berdasarkan hasil observasi. SMPN 2 Simboro merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang berlokasi di Kabupaten Mamuju. SMPN 2 Simboro memiliki satu buah lapangan yang sudah tidak difungsikan lagi dan terbengkalai sejak tahun 2018 silam akibat Covid-19. Berdasarkan hasil observasi, Mahasiswa KKN-PPL UNM Angkatan XXV melakukan pembenahan terhadap Lapangan Futsal di SMPN 2 Simboro yang meliputi pembenahan lapngan futsal, pembuatan gawang, penataan kembali lahan, yang dilakukan secara bertahap selama 2 bulan. Hasil yang diperoleh setelah terlaksananya kegiatan pembenahan ini terbukti dari perubahan kondisi lapangna yang menjadi dapat di gunakan dengan layak oleh para siswa SMPN 2 Simboro.


Full Text:

PDF

References


Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-'Ilmi, 11(2), 266-275.

Rahayu, S. M., & Sutama, S. (2016). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Varidika, 27(2), 123-129.

Ilma, N. (2015). Peran pendidikan sebagai modal utama membangun karakter bangsa.


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amaludin Qamarullah, Herman Dody

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat