Menggali Potensi Desa Anabanua : Peluang Dan Inovasi Dalam Produk Pertanian

Winda Amaliya(1*), Alipa Dea Nahdla(2), Fajar Tri Putra(3), Lutfia Fauziah(4), Ricqi Prasetio Rahman(5), Asia Ramli(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


KKN Reguler UNM merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada Masyarakat sebagai bentuk penerapan disiplin ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan. Desa Anabanua menjadi tempat pelaksanaan kegiatan selama 2 bulan dari bulan Oktober – Desember 2023. Masyarakat Desa ini memiliki mata pencaharian utama sebagai petani. Adapun potensi pertanian di Desa Anabanua ini adalah pertanian terkhusus padi dan kacang tanah. Salah satu kendala yang dihadapi adalah Masyarakat belum bisa melihat peluang yang ada serta kurangnya inovasi yang hadir dari produk pertanian di Desa Anabanua ini. Untuk itu, mahasiswa KKN UNM Mengadakan Semiar kewirausahaan dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan semangat berwirausaha Masyarakat Desa Anabanua. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap diantaranya observasi, mengidentifikasi potensi pertanian di desa anabanua, menentukan target/sasaran, pelaksanaan seminar kewirausahaan. Seminar ini dihadiri oleh 30 orang yang terdiri dari anggota BUMDes dan pelaku UKM. Melalui seminar kewirausahaan ini, mahasiswa KKN UNM memaparkan beberapa produk inovasi yang dapat dikembangkan oleh Masyarakat setempat dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian yang dimiliki.


Keywords


KKN Reguler UNM, Desa Anabanua, padi dan kacang tanah, kewirausahaan, peluang dan inovasi

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, A. (2018) ‘PENGARUH MOTIVASI DAN MENTAL BERWIRAUSAHA’, 20(02), pp. 95–106.

Arrobi, J. et al. (2023) ‘Upaya Mahasiswa KKN Dalam Membantu Meningkatkan Potensi Ekonomi Masyarakat Desa Cikembang Melalui Seminar dan Jejaring Sosial’, 2(01), pp. 35–47. doi: 10.58812/ejincs.v2i01.

Barru, R. K. (2021) ‘kondisi umum daerah’, pp. 1–136.

Hadiyanti, P. et al. (2022) ‘DESA SIRNAJAYA KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT’, 19(3), pp. 463–474.

Hotima, S. H. (2023) ‘Membangun Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Melalui usaha Homemade Guna Meningkatkan Pendapatan Di Desa Sruni Kecamatan Jenggawah’, 6(1), pp. 1–20.

Karlina, N. et al. (2019) ‘Pemberdayaan kewirausahaan masyarakat desa cisempur dan pendampingan kewirausahaan berbasis ecommerce’, 2(3), pp. 262–269.

Purba, D. I. S. et al. (2018) ‘MENCETAK WIRAUSAHA MUDA DI WILAYAH PEDESAAN UNTUK MENGOPTIMALKAN POTENSI DESA’.


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Winda Amaliya, Alipa Dea Nahdla, Alipa Dea Nahdla, Fajar Tri Putra, Fajar Tri Putra, Lutfia Fauziah, Lutfia Fauziah, Ricqi Prasetio Rahman, Ricqi Prasetio Rahman, Asia Ramli, Asia Ramli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat