Pembuatan Visi dan Misi dalam Peningkatan Integritas Sekolah yang Berbasis Lingkungan

Ariani Agustini(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan mendeskripsikan masalah-masalah atau kebutuhan di sekolah menengah atas yang belum terpenuhi. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci yang menghasilkan data deskriptif berupa hasil dari wawancara dengan kepala sekolah terkait masalah ataupun hal yang dibutuhkan sekolah. Visi-misi yang ada di SMA Negeri 4 Soppeng belum pernah mengalami pembaharuan sejak tahun 2005. Letak visi-misi yang berada pada tempat terbuka dan berhadapan langsung dengan sinar matahari mengakibatkan visi-misi SMA Negeri 4 Soppeng menjadi pudar dan terkelupas. Mahasiswa KKN-PPL UNM berinisiatif untuk melakukan pembaharuan agar visi-misi menjadi tampak menarik elegan, dan berbasis lingkungan. Metode dalam pembuatan visi-misi ini terdiri dari tahap mendesain visi-misi, tahap mempersiapkan alat dan bahan, tahap pengecatan dasar dinding, tahap sketsa desain, pengecatan warna dasar, tahap melukis bingkai visi-misi, tahap melukis poin-poin visi-misi, dan tahap finishing. Pengerjaan visi-misi sekolah SMA Negeri 4 Soppeng memerlukan waktu satu minggu untuk tahap pendesainan dan tahap persiapan alat dan bahan, dan memerlukan waktu dua minggu untuk proses pengerjaannya. Secara keseluruhan, visi-misi sekolah dapat diselesaikan dalam kurung waktu tiga minggu dan selesai pada tanggal 7 November 2020. Kini, visi-misi SMA Negeri 4 Soppeng telah terlihat menarik dan modern.


Keywords


Vision-mission; school; environment; integrity; interesting.

Full Text:

PDF

References


Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Saintikom, 15(1).

Fatmawati, Z., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. (2018). Komunikasi Kepala Sekolah dengan Warga Sekolah untuk Mewujudkan Visi dan Misi Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2).

Hamdan, Y. 2010. Pernyataan Visi dan Misi Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan.17 (1).

Kantabutra, S. & Avery, G.C. 2010.The Power of Vision: Statements that Resonate. Journal of Business Strategy, 31(1).

Kurniadi, DA dan Sugiyono, 2016. Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Visi dan Misi SMA di Kecamatan Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4 (2).

Mulyadi, I., Muhammad R., & Wahyu. (2015). Buku Panduan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Makassar. Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Perdana, A., Holilulloh, & Yunisca N. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan, 4.

Sukaningtyas, D., Satori, D., & Sa’ud, U. S. (2017). Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah dalam Membangun Pemahaman Visi dan Misi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22 (2).

Soejono, Soekanto. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ariani Agustini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat