Pembenahan Lapangan Bolavoli untuk Meningkatkan Integritas Sekolah dan Meningkatkan Skill dan Prestasi Siswa di Bidang Olahraga di SMP Negeri 2 Tapalang Barat

Sahabuddin Sahabuddin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar, SINTA ID : 6709128
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan mendeskripsikan masalah-masalah atau kebutuhan di sekolah menengah pertama yang belum terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan data yang menggambarkan secara rinci keadaan yang ada di lapangan dan sumber data diperoleh dari hasil dari wawancara dengan kepala sekolah terkait masalah ataupun hal yang dibutuhkan sekolah dan berdasarkan hasil observasi. SMPN 2 Tapalang Barat merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang berlokasi di Kabupaten Mamuju. SMPN 2 Tapalang Barat memiliki satu buah lapangan yang sudah tidak difungsikan lagi dan terbengkalai sejak tahun 2018 silam akibat Covid-19. Berdasarkan hasil observasi, Mahasiswa KKN-PPL UNM Angkatan XXV melakukan pembenahan terhadapĀ  Lapangan voli di SMPN 2 Tapalang Barat yang meliputi pembenahan lapngan voli, pembuatan tiang volli, penataan kembali lahan,pengukuran garis lapangan bola Volli yang dilakukan secara bertahap . Hasil yang diperoleh setelah terlaksananya kegiatan pembenahan ini terbukti dari perubahan kondisi lapangna yang menjadi dapat di gunakan dengan layak oleh para siswa SMPN 2 Tapalang Barat.

Full Text:

PDF

References


Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-'Ilmi, 11(2), 266-275.

Rahayu, S. M., & Sutama, S. (2016). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Varidika, 27(2), 123-129.

Noor, M. Z. M., & Ramlee, R. A. (2021). Performances Analysis of IoT Based Smart Greenhouse System. International Journal of Electrical Engineering and Applied Sciences (IJEEAS), 4(2).

Kurniawan, L. A., & Amirullah, A. Monitoring and Controlling of pH Levels and Plant Nutrition Supplied by Standalone Photovoltaic in a Greenhouse Hydroponic System using Arduino Uno. ELKHA, 13(1), 69-76.

Ilma, N. (2015). Peran pendidikan sebagai modal utama membangun karakter bangsa.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sahabuddin Sahabuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat