Upaya Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal-Irsyad

Hasan Hasan(1), Besse Rahma(2*), Muh. Yusril(3), Dewi Sartika(4), Azhar Ismail Perdana(5), Syahrul Hamdan(6), Afian Afian(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan yang di angkat di dalam jurnal ini yakni mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan rasa kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan di sekolah MA DDI Polewali. Setelah kami mengadakan survei terdapat beberapa masalah kebersihan di sekolah MA DDI Polewal, seperti sampah berserakan di sekitar kelas, rumput liar tumbuh di sekitar madrasah dan kurangnya tempat sampah. Berdasarkan hasil survei mahasiswa KKN-PPL XXVI terpadu Universitas Negeri Makassar berinisiatif memberikan kontribusi membuat program kerja yang bermanfaat. Program kerja utamanya adalah pembuatan tempat  sampah dan kegiatan Jumat Bersih. Harapan dengan  adanya tindakan-tindakan dan inovasi baru yang kami berikan, siswa menjadi termotivasi dan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan rasa kepeduliannya terhadap lingkungan sekolahnya.


Keywords


Kebersihan, Sekolah, Sampah.

References


Mujiwati, y., paramitha, m., & maulana, m. z. a. s. (2020). menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan di sekolah ma al masyhur bugul kidul kota pasuruan. community development journal : jurnal pengabdian masyarakat, 1(2), 157–164. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.852

Tupa, d., & latuhalat, n. (n.d.). peletakan tempat sampah untuk peduli ingkungan di dusun tupa negeri latuhalat elyana imel lekatompessy. 1, 125–130.


Article Metrics

Abstract view : 68 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasan Hasan, Besse Rahma, Muh. Yusril, Dewi Sartika, Azhar Ismail Perdana, Syahrul Hamdan, Afian Afian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat