Penyuluhan Kesehatan Dan Kebersihan Lingkungan Guna Meningkatkan Kualitas Hidup Sehat Masyarakat Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa.

Zhul Fadli Maulana(1*), Ramly Ramly(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran. Termasuk di antaranya debu, sampah, dan bau. Di Indonesia masalah kebersihan dan pencemaran lingkungan selalu menjadi polemik yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan dan pencemaran lingkungan setiap tahunnya selalu meningkat. Masalah kebersihan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akan hal kebersihan. Tempat pembuangan sampah yang tidak memadai dan cenderung kurang menjadi penyebab masalah kebersihan dan pencemaran lingkungan dalam lingkungan masyarakat. Tanpa terkecuali di kecamatan sumarorong, Kabupaten Mamasa. Tidak adanya Tempat Pembuangan Sampah Permanen (TPSP) maupun Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di Kecamatan ini mengakibatkan masyarakat Kecamatan Sumarorong membuang sebagian besar sampahnya ke aliran sungai, sehingga menyebabkan pencemaran terhadap aliran sungai.

Dengan permasalahan kebersihan ini pemerintah dan masyarakat diharapkan mampu untuk bekerja sama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Kesadaran masyarakat akan bahaya pencemaran lingkungan sangat dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan hidup generasi mendatang. Jika pemerintah melaksanakan tugas dengan baik dalam menjaga kebersihan dan masyarakat ikut memelihara kebersihan lingkungannya alangkah indahnya kondisi lingkungan tempat kita melaksanakan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu kita harus memulai dari hal terkecil dan harus mulai dari lingkungan terdekat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.


Keywords


kebersihan,kesadaran,bersih

Full Text:

PDF

References


Marzuki, R. D. (2020). Penyuluhan Pengelolaan Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Masyarakat Perumnas Payabujuk Seulemak Kec. Langsa Baro Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra, 3(1), 79-85.

Husada, S. S. M. Pengaruh Perilaku Masyarakat Membuang Sampah di Sungai.

Kahfi, A. (2017). Tinjauan terhadap pengelolaan sampah. Jurisprudentie: Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syaria.


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 zhul fadli maulana, zhul fadli maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat