MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN 02 DAPURANG MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL

Andi Muhammad Taufik Ali(1*), Jumriani Jumriani(2), Ilham Sahid(3), nurhidayah Ramadhani S(4), Melly Unry Densi(5), Muh Fitrah Fachrim(6),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Bimbingan merupakan proses pemberian bantuan kepada seseorang atau sekelompok orang secara terus menerus dan sistematis oleh guru pembimbing agar individu tersebut menjadi pribadi yang mandiri.  Pembelajaran adalah proses yang diberikan pendidik untuk  membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.  Berdasarkan dari hasil observasi awal di sekolah, permasalahan yang ada yaitu banyaknya peserta didik yang tidak mengikuti jadwal pembelajaran, cenderung menganggap remeh pembelajaran yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian yang kami lakukan adalah mengenai “Pemberian Layanan Bimbingan Klasikal Peserta Didik Upaya Meningkatkan Kualitas Belajar SMPN 02 Dapurang". Dalam peningkatan kualitas belajar peserta didik di SMPN 02 Dapurang melalui beberapa tahap kegiatan diantaranya observasi, konsultasi dengan guru bimbingan SMPN 02 Dapurang, penyusunan materi layanan bimbingan, dan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal. Pemberian layanan bimbingan ini dimaksudkan dengan tujuan yaitu: (1) peserta didik mampu mengetahui jenis-jenis metode belajar, (2) peserta didik mampu memahami jenis-jenis metode belajar, (3) peserta didik mampu menentukan metode belajar yang sesuai dirinya.


Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. wulan, Wiharti, U., & Soleha, N. M (2019). “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia”. Jurnal Buana Pengabdian, Vol 3, No.1 (2019): 66–72.

Ghufron, Moh, dkk. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Metode Bimbingan Klasikal Berbasis Media Audio Visual Dalam: Literatur Review.” Jurnal Konseling Pendidikan Islam, Vol 3, No.2 (2022): 333.

Khoiriyah, Elvia, dkk. “Program Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19: Kajian Pustaka.” Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, Vol 4, No.1 (2021)

Suharni, & Purwanti. Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 3, No.1 (2018). 131–145.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Muhammad Taufik Ali, Jumriani Jumriani, Ilham Sahid, nurhidayah Ramadhani S, Melly Unry Densi, Muh Fitrah Fachrim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat