Desain Grafis untuk Memaksimalkan Konten di Media Sosial dan Kekreativitasan Siswa SMAN 2 Barru

Muhammad Farid(1*), Sri Damayanti(2), Ammar Qurrata A'yun(3), Muhammad Fadhil K(4), Dedi Irwansyah Rusli(5), Ripaldi Ripaldi(6), Muhammad Zainul Muttaqin Irwan(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kreativitas siswa siswi di SMAN 2 Barru dengan pengadaan desain grafis. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual dan desain komunikasi. Desain Grafis lahir dari kebutuhan manusia akan komunikasi melalui bahasa visual sejak abad ke- 19 hingga zaman modern. Desain yang berakar dari senirupa murni yang kemudian berkembang menjadi fungsi identifikasi, informasi, instruksi serta promosi dan presentasi. Desain grafis adalah suatu media untuk menyampaikan informasi melalui bahasa komunikasi visual dalam wujud dwimatra ataupun trimatra yang melibatkan kaidah-kaidah estetik. Desain yang di buat oleh peserta tersebut terdiri dari 3 tema yaitu, Lingkungan sekolah, Kebudayaan dan Sosial. Hasil dari kegiatan ini dapat dijadikan suatu pengembangan kreativitas dan imajinasi siswa dalam berkarya dengan penggunaan media yang telah digunakan.


Keywords


Desain Grafis, bahasa komunikasi visual

Full Text:

PDF

References


Farid, M., Fajrul, M., Ajeng, T., Andira, A., Haswinar., Arif, M. 2021. Pelatihan Pembuatan Handsanitizizer dan Pembuatan Pupuk Kompos di Kecamatan Pammana. Jurnal Lepa-Lepa, Vol. 1 No. 4. Hal 553-563.

Dewojati, R. K. W. 2009. Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. Jurnal Imaji, Vol. 7 No. 2. Hal 175-182.

Meggs, Philip B., dan Alston W. Purvis. 2006. Meggs’ History of Graphic Design. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pamekasan/baca-artikel/14449/Desain-Grafis-untuk-Memaksimalkan-Konten-di-Media-Sosial.html ( Diakses, 21 Desember 2022 )


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Farid, Sri Damayanti, Ammar Qurrata A'yun, Muhammad Fadhil K, Dedi Irwansyah Rusli, Ripaldi Ripaldi, Muhammad Zainul Muttaqin Irwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat