Sosialisasi Tips dan Trik “Stop Kekerasan Seksual dan Bullying”

Eka Nurul Pratiwi(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Latri Latri(3), Ayu Ashari Yusuf(4), Muh Fajrul Feikal(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi informasi dengan kehadiran internet yang saat ini semakin luas dan tanpa adanya batasan-batasan tertentu maka akan memberikan dampak positif mapun dampak positif maupun dampak negatif, dimana salah satu dampak negatif yang dapat dilakukan yaitu seperti penyalahgunaan teknologi yang dapat menimbulkan bentuk-bentuk kejahatan yang dapat merugikan masyarakat, contohnya seperti munculnya pelecehan seksual dan kasus bullying. Fenomena kekerasan seksual terhadap anak semakin sering terjadi dan menjadi global hampir diberbagai negara di dunia. Peningkatan pada kasus kekerasan seksual tidak hanya dari kuantitas atau jumlah kasus yang terjadi peningkatan. Melainkan berasal dari lingkungan keluarga atau lingkungan sekitar dimana anak itu berada di antara lain lingkungan di dalam rumahnya sendiri, sekolah, lembaga pendidikan dan lingkungan sosial anak tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi. Fokus artikel ini adalah kekerasan seksual Pada Sekolah Dasar dan pencegahannya. Dengan upaya memberikan Pendidikan Seks ( Sex Education ), pola pikir memberikan Pendidikan Seks sejak dini kepada siswa sekolah menengah atas menjadi hal penting dalam Pendidikan dan bukan hal yang tabu.

Keywords


Bullying, Kekerasan Seksual, KKN

Full Text:

PDF

References


Dapodikbud. 2021. SMKN 1 Barru. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/

Jogloabang. 2019. Undang Undang 12 tahun 2021 tentang pendidikan Tinggi.

Syardiansyah. 2017. Peranan kuliah kerja nyata sebagai bagian dari pengembangan kompetensi

mahasiswa. Jurnal jim UPB. 7(1)


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eka Nurul Pratiwi, Sayidiman Sayidiman, Latri Latri, Ayu Ashari Yusuf, Muh Fajrul Feikal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat