Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan di SD Inpres Ahu, Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju

Putri Nurmala Sari(1*), Muhammad Nur(2), Muh. Suardi(3), Nurul Asrani(4), Alfaqih Musaddid Alwi(5), Khaerul Akbar(6), Besse Nurul Hikmah(7), Justina Kembong(8), Nur Azizah Iqrani(9), Dyrda Geovany Nofrywan(10), Radiah Rahmat(11),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(8) Universitas Negeri Makassar
(9) Universitas Negeri Makassar
(10) Universitas Negeri Makassar
(11) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL yang mencakup baik latihan mengajar maupun tugas non-mengajar. Mahasiswa KKN-PPL terpadu UNM di SD Inpres Ahu melakukan kegiatan kepramukaan. Alasan memilih program kerja ini karena permasalahan kedisplinan siswa di SD Inpres Ahu dan juga kegiatan kepramukaan adalah kegiatan yang menarik. Oleh karena itu kegiatan kepramukaan penting dilakukan sebagai peningkatan kedisiplinan siswa.

 

Kata kunci: KKN, PPL, kepramukaan, kedisiplinan

 

ABSTRACT

            Kuliah Kerja Nyata (KKN) is a intracurricular activity that combines the implementation of the tri dharma of higher education whit the method of providing learning and working experiences to students ini community empowerment. Program Pengalaman Lapangan (PPL) is an intracurricular part carried out by PPL students which Includes both teaching exercises and non-teaching assignments. UNM integrated KKN-PPL students at SD Inpres Ahu carry out scouting activities. The reason for choosing this work program is because of the disciplinary problems of students at SD Inpres Ahu and also scouting activities are interesting activities. Therefore, scouting activities are omportant as an increase in student discipline.

 

Keywords:KKN, PPL, Scouting, Discipline


Keywords


KKN, PPL, kepramukaan, kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Anasari, F., Suyatno, A., & Astuti, I. F. (2016). Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital (Studi Kasus: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mulawarman). Infoematika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 11-19.

Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring, https://kbbi.web.id/pramuka

Pratiwi, S. I., Kristen, U., Wacana, S., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62-70.

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57-68.

UNM. (2020). Buku Panduan Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar


Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Nurmala Sari, Muhammad Nur, Muh. Suardi, Nurul Asrani, Alfaqih Musaddid Alwi, Khaerul Akbar, Besse Nurul Hikmah, Justina Kembong, Nur Azizah Iqrani, Dyrda Geovany Nofrywan, Radiah Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat