Pembenahan Sekolah Sehat SDN NO. 4LAKKADING

Lale Ziyadati Rahma Salsabila(1*), Eti Winarti(2), Muh.Al Ikhwan Husain(3), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(4),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Kualitas pendidikan tidak hanya ditentukan oleh proses pengajaran semata , namun juga dipengaruhi oleh faktor kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah. Kondisi lingkungan sekolah akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik peserta didik dan merupakan salah satu dari pembentukan karakter peserta didik dalam mencintai lingkungan. Siswa yang sehat secara fisik tentunya akan lebih mampu untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga berimplikasi positif pada prestasi akademiknya dan karakter peseta didik dalam mencintai lingkungannya dapat terwujud dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan adalah dilakukannya pembenahan sekolah. Salah satu bentuk dari pembenahan sekolah adlah adanya program sekolah sehat. Program sekolah sehat bertujuan untuk dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat khususnya siswa sejak dini di lingkungan sekolah. Adanya program sekolah sehat yang dilaksanakan disekolah dasar dapat menjadi suatu awal untuk dapat membiasakan siswa sejak dini dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan yang disekitarnya. Melalui program KKN-PPL Terpadu dapat membantu sekolah dalam menjalankan program sekolah sehat serta memberikan pengalam secara langsung kepada mahsiswa dalam kehidupan disekolah.


Keywords


Pembenahan, sekolah sehat, kesehatan

Full Text:

PDF

References


Herdiyanti, P. (2019) ‘Evaluasi Program Sekolah Sehat Di Sekolah Dasar Islam AL-Azhar 31 Yogyakarta EVALUATION HEALTHY SCHOOL PROGRAM IN AL-AZHAR 31 ISLAMIC ELEMENTARY Oleh : Putri Herdiyanti , Program Studi Manajemen Pendidikan , Jurusan Administrasi Pendidikan , FIP- meng’, Jurnal Hanata Widya, 8(2), pp. 93–101.

Kristen, U. et al. (2017) ‘K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP EVALUASI PROGRAM SEKOLAH SEHAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI’, (1), pp. 72–82.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lale Ziyadati Rahma Salsabila, Eti Winarti, Muh.Al Ikhwan Husain, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat