Peningkatan Kemampuan Membaca Notasi Angka Siswa-Siswi SMAN 1 Tana Toraja Melalui Pelatihan Paduan Suara
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
SMAN 1 Tana Toraja merupakan salah satu sekolah yang memiliki prestasi baik dibidang seni maupun akademi. Namun, berdasarkan pengamatan yang dilakukan ditemukan bahwa masih banyak siswa dengan kemampuan vocal yang baik namun belum dapat membaca notasi music khususnya notasi angka. Berdasarkan masalah tersebut maka dilakukan pelatihan paduan suara kepada siswa dan siswi SMAN 1 Tana Toraja dengan sampel sebanyak 40 orang yang terbagi kedalam 4 kelompok berdasarkan jenis suara. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode langsung melalui demonstrasi. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan berhasil dimana terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam emmbaca notasi angka sebanyak 30% hingga mencapai target yang diharapkan yakni sebanyak 80%. Pelatihan ini juga dapat menjadi gambaran dan acuan bagi guru khususnya guru bidang studi seni music dalam memperbaiki kekurangan yang ada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fairuz. 2010. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Praktek Vokal Ibu-Ibu PKK RW V Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Listya, Agastya Rama. 2007. A-Z Direksi Paduan Suara. Jakarta: Yayasan Musik Gereja Indonesia.
Muhtar, Sri Wahyuni. 2021. Pelatihan Bernyanyi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Teknik Vokal Peserta Karaoke Dangdut Competition di Bugis Waterpark Makassar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 12 (1).
Rahayu, Ayu Sri., Julia dan Isrok’atun. 2017. Penerapan Metode Kodaly untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Solmisasi Siswa pada Materi Simbol Nada. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 2 (1).
Sari, A. Rahmadani Datu. 2018. Pelatihan Teknik Vokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Pada Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara SMA Negeri 13 Bone. Skripsi, Universitas Negeri Makassar.
Article Metrics
Abstract view : 11 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Stevani Mutiara Syam, Novrianti Songle', Agista Aprilian Pailang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat