SOSIALISASI PENTINGNYA MENCUCI TANGAN DAN MENGGOSOK GIGI DENGAN BENAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA DI SDN 038 PENANIANG, DUSUN PENANIANG, DESA BATETANGNGA

Husain Husain(1), Nur Islamiyah(2*), Mutmainna Mutmainna(3), Maudy Ramadhany(4), Renaldy M.(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kesehatan adalah salah satu unsur dari masyarakat yang sejahtera, yaitu tercapainya hak atas hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat melalui sistem kesehatan yang dapat menjamin terlindungnya masyarakat dari berbagai resiko yang dapat mempengaruhi kesehatan dan tersedianya pelayanan kesehatan yang bermutu, terjangkau, dan merata. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan dimulai sejak dini seperti sekolah dasar. Pada tingkatan sekolah dasar, sudah sebaiknya mengajarkan kepada siswa untuk mulai menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satu cara yaitu seperti mencuci tangan dan menggosok dengan benar. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan yaitu masih banyak siswa di SDN 038 Penaniang yang belum menerapkan bahkan belum mengetahui cara mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar yang dimana hal tersebut menjadi dasar dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Berdasarkan hal tersebut, solusi yang ditawarkan yaitu mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar. Berdasarkan hasil dari kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan, terdapat perubahan kebiasaan cara mencuci tangan dan menggosok dari siswa di SD Negeri 038 Penaniang. Siswa-siswa sudah mulai mengetahui dan mempraktikkan mengenai cara mencuci tangan dan menggosok dengan benar yang dapat dilihat berdasarkan kebiasaan-kebiasan dan melalui observasi, dimana hal ini sesuai dengan harapan dari tim KKN.


Keywords


Kesehatan, Mencuci Tangan, Menggosok Gigi

Full Text:

PDF

References


Haryanti, D, D., Adhani, R., Aspiriyanto, D., Dewi, I, R. 2014. Efektivitas Menggosok Metode Horizontal, Vertical, dan Roll Terhadap Penururnan Plak pada Anak Usia 9-11 Tahun. Dentino Jurnal Kedokteran Gigi 2(2) : 150-155.

Indiani, S.A., Rahmawati, A.P., Anggaraeni, D.S., Fitriyanti, F., & Silvina, R.F. (2022). Edukasi Enam Langkah Mencuci Tangan Sebagai Upaya Untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Negeriku, 2(01), 21–27.

Kasuma, N., Fitri, H., & Fajrin, F. N. (2018). Serta Pengukuran Pertumbuhan Siswa.

Putri, N. R., Tandililing, E., & Mursyid, S. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hukum Newton di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(2), 1–9.

Siska Oktaviani, H. (2020). Penyuluhan Cuci Tangan Pada Anak-Anak Warga. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 4(2), 247–251.


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Husain Husain, Nur Islamiyah, Mutmainna Mutmainna, Maudy Ramadhany, Renaldy M.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat