Belajar Mengaji Dengan Metode Iqro Siswa SD Inpres 008 Lilimori Kabupaten Pasangkayu

Anjelina Sari(1*), Sitti Hafiyah Nasri(2), Hamzah Pagarra(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


KKN-PPL UNM Terpadu telah selesai dilaksanakan. Pengabdian mahasiswa di lokasi KKN Desa Lilimori Kecamatan Bulutaba Kabupaten Pasangkayu yang hampir 3 bulan ini telah sukses dilaksanakan. Kegiatan mengaji bagi siswa merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa di lokasi KKN tepatnya di SD Inpres 008 Lilimori. Metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengaji tersebut adalah metode Iqro. Metode Iqro merupakan metode pengajaran Al Qur’an secara tartil dan bertajwid yang dibaca secara langsung tanpa dieja dengan menggunakan iqro yang berjilid-jilid. Dari kegiatan ini, besar harapan kami kualitas bacaan Al Qur’an siswa SD Inpres 008 Lilimori semakin baik.

Keywords


Iqro, Tajwid, Quality

Full Text:

PDF

References


Mawahdah, S. (2017). “Beut Ba’Da Magrib” Suatu Pembiasaan Bagi Anak-Anak Belajar Al-Qur’an. Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak, 6(1), 98. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/takamul/article/download/4909/pdf

Muhammad Yasir, A. J. (2016). Studi Al-Quran. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Mutoha, Y. (2020). Penerapan Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an di TPA Darussalam Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Pembelajaran Baca Al-Qur’an di TPA Darussalam. 1–90.

Muzakki, A., & Muksin, N. N. (2021). Mengedukasikan Hikmah Dan Manfaat Jika Rutin Dalam Membaca Al-Qur ’ an Pada Ruang Lingkup Remaja. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian

Masyarakat LPPM UMJ, 1–6.

Muzakkir, M. (2015). KEUTAMAAN BELAJAR DAN MENGAJARKAN AL-QUR’AN: Metode

Maudhu’i dalam Perspektif Hadis. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan,

(1), 107–121. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n1a9


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anjelina Sari, Sitti Hafiyah Nasri, Hamzah Paggara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat