Pemberdayaan Media Elektronik Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM di Kelurahan Minake
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia kini memegang peranan yang cukup penting untuk menggerakkan roda perekonomian negara. Hal ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan UMKM yang demikian pesat sehingga membawa dampak positif terhadap perekonomian daerah yang semakin lama semakin dapat menunjukkan kemandiriannya seperti di Kelurahan Minake. Cukup banyak masyarakat yang mempunyai usaha sampingan dalam bentuk UMKM. Sejauh ini pemasarannya terbatas pada tetangga dan teman di sekitarnya. Dengan Pemanfaatan teknologi informasi diharapkan dapat menjadi solusi dalam memecahkan masalah pemasaran pelaku UMKM. Teknologi informasi ternyata menjadi hal baru dan sangat kesulitan bagi para pedagang pasar atau pelaku usaha. permasalahan yang dihadapi masyarakat diKelurahan Minake saat ini adalah masyarakat tidak menguasai pemasaran melalui digital, penjualan melalui. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan dan pendampingan pemasaran secara digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alkautsar, A. A., Pratama, F. A., Ilmi, F. A., Elsa, A., Pitoyo, V., Sandi, B. S., Styowati, C. Y., Wulandari, C. K., Fima, A., Aimia, T. A., & Tranggono, D. (2022). Kenjeran Kota Surabaya. 2(1), 393–398.
Hananto, M. R., Sulistyono, I. B., Hukum, F., Maret, U. S., Seni, F., & Maret, U. S. (2023). Digitalisasi Produk UMKM Masyarakat Kelurahan Karangtalun Guna Meningkatkan Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Penta Helix. 6(1), 148–155.
Khansa, F. P., Nurjanah, S., Iskandar, D. A., & Uswatunkasanah, A. (2022). Pemberdayaan UMKM melalui Pelatihan Pemasaran Digital di Paguyuban Pusaka Berkarya Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 96. https://doi.org/10.36407/berdaya.v4i2.691
Maylawati, dian sa’adillah. (2020). pengabdian dan pemberdayakan masyarakat dalam pendidikan, kesehatan, dan ekonomi dimasa pandemi. LP2M UIN SGD Bandung.
Ramadhan, K. A., Chaelani, S., Yulianti, & Rahman, A. (2021). Pemberdayaan UMKM Jahe Merah BunTik Dengan Penggunaan Instagram Marketing. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10634%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/10634/5987
Setiawan, D., Nadha, E., Dimi, P., Sastiana, W. I., Rizky, D., Utami, N., Restu, H., Tamansiswa, U. S., & Sentolo, K. (2021). Pelatihan Dan Pengembangan Branding Produk. 129–134.
Article Metrics
Abstract view : 10 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ipahriani Rahman, Dandi Pratama Amin, Kasmauati Kasmauati, Rista Pongtiku Palulun, Stephanie Hanastasia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat