Pemberdayaan Kelompok Usaha Souvenir Desa Tino Dalam Pengelolaan Kulit Kuda Menggunakan Teknologi Laser Menjadi Souvenir Kulit Khas Jeneponto

Arham Suleman(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Potensi di Kabupaten Jeneponto khususnya kuda sangat tinggi dibuktikan dengan predikat daerah populasi kuda terbanyak di Provinsi Sulawesi Selatan. Potensi tersebut tidak sejalan dengan pemanfaatannya di berbagai sektor industri. Peningkatan kuantitas kuda seperti halnya limbah kulit kuda di berbagai tempat hewan di Kabupaten Jeneponto. Melalui permasalahan dan potensi tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda karang taruna Desa Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto dalam bidang industri kreatif. Pemberdayaan ini berfokus pada kegiatan pengelolaan kulit kuda menjadi suvenir seperti coverkartu identitas, dompet, dan lukisan kulit berbasis laser. Kegiatan pemberdayaan tersebut dinilai dapat memberdayakan pemuda Karang Taruna Desa Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto dari segi sosial, ekonomi, Sustainable Development Goals, dan kelembagaan.

 

Kata kunci : kulit kuda, souvenir, Jeneponto


Keywords


kulit kuda, souvenir, Jeneponto;

Full Text:

PDF

References


Astuti, E. Y., Soesilowaty, E., & Naam, M. F. (2018). IbPE TAS KULIT KOMBINASI KAIN TRADISIONAL JAWA TENGAH DI KABUPATEN KUDUS DAN MAGELANG JAWA TENGAH. Jurnal Abdimas, 22(1), 1-10.

Lestari, A., Nuraini, H., & Priyanto, R. (2015). Persepsi Masyarakat terhadap Limbah Tempat Pemotongan Hewan (TPH) Kuda di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 3(2), 113-118.

Mursalim, M. F., Ris, A., & Ardiyanti, H. (2017). DETEKSI TRYPANOSOMA EVANSI PADA KUDA DI TEMPAT PEMOTONGAN HEWAN KECAMATAN KELARA KABUPATEN JENEPONTO. Jurnal Agrisistem, 13(2), 88-96.

Putri, M. N., & Ismail, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Laser Cutting Dalam Proses Perancangan Perhiasan Berbahan Akrilik Lembaran Dengan Pendekatan Eksplorasi Bentuk. Jurnal Desain Indonesia., 2(1), 24-33.

Susanti, H. I., Lestari, A., Qurniawan, A., Ananda, S., Asgaf, K., & Hidayat, M. N. (2021). Pola Pemasaran Ternak Kuda di Pasar Hewan Tolo Kabupaten Jeneponto. Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan, 7(2), 144-158.


Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arham Suleman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat