Pemberdayaan Santri Putri untuk Meningkatkan Keterampilan Melalui Pelatihan Menyulam Dipondok Pesantren Al-Wasilah Lemo.

Syahrul Muhyidin(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara Mahasiswa KKN-PPL Terpadu angkatan XXIV Universitas Negeri Makassar di Pondok Pesntren Al-Wasilah lemo diidentifikasi beberapa permasalahan mitra. Hal ini karena kurikulum pengajaran yang disajikan di pondok pesantren belum menyentuh pada aspek ketrampilan hidup. Maka dari itu Mahasiswa KKN-PPL Terpadu angkatan XXIV Universitas Negeri Makassar mengangkat program kerja yang dapat meningkatkan keterampilan yaitu melalui pelatihan menyulam. Tujuan dari pelatihan adalah meningkatkan wawasan/pengetahuan tentang teknik menyulam dan meningkatkan keterampilan dalam membuat produk sulaman. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, demonstrasi dan metode pelatihan/praktek. Kegiatan ini diikuti oleh 18 santri putri Pondok Al-Wasilah Lemo di Desa Kuajang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali mandar. Menyulam merupakan keterampilan yang dapat dijadikan untuk mengisi waktu luang dan nantinya dapat dijadikan sumber wirausaha yang dapat memberikan penghasilan bagi diri pribadi, keluarga, dan masyarakat. Hasil dari pelaksanaan kegiatan Pelatihan menyulam diperoleh santri putri telah mampu membuat sulaman dan mengaplikasikan teknik sulam.


Keywords


Pemberdayaan, Keterampilan, Pelatihan, Menyulam.

Full Text:

PDF

References


Basri, H., dan Rusdiana. (2015). Managemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Jumroh, I. (2014). Peningkatan Keterampilan melalui Pelatihan Membuat Sulaman Bullion Pada Tempat Tisu Di Karang Taruna Bhakti Kawuladesa Krembangan. Jurnal Tata Busana. 3(2), 47-50. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/20/article/view/7893.

Kartasasmita, G. (1996). Pembangunan Untuk Rakyar: Memadukan Pertumbuhan Dan Pemerataan. Jakarta: PT Pustaka Cidesindo.

Maulida, I. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Menyulam Pada Kelompok Usaha Bersama (Kube) Aneka Sulam Kelurahan Gunung Sulah Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung. Skripsi Bandar Lampung: Jurusan Pengembangan Masyarakat islam UINRIL Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10946.

Misral, M., Rahmayanti, S., Sandri, S. H., Ardi, H. A., Bakaruddin, B., Rahayu, N. I., & Jeki. (2020). Pendampingan Pelatihan Menyulam Pada Remaja Panti Asuhan As-Salam Kota Pekanbaru. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 99-104. https://doi.org/10.54951/comsep.v1i1.29.

Oos M, Nawas,. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Putra, I. A., Hidayatulloh, F., Anisya, N., Sari, M. Z. I., & Khusna, A. N. (2022). Workshop Menyulam untuk Peningkatan Keterampilan Remaja Putri Desa Kedungotok Kecamatan Tembelang Jombang. Jurnal Ekonomi: Jurnal pengabdian Masyarakat, 3(1), 55-62. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2466.

Rahaju, J., Rahayu, Y. S., S. M. A. B., & Esti, E. A. J. (2013). Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren babussalam dan Al Muqorrobin melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Budidaya Sayuran Organik di Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. PEDULI- Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat. 2(2), 95-104. https://doi.org/10.37303/peduli.v2i2.86.

Yuliati, I. (2011). Panduan Lengkap Sulam. Jakarta: Tiara Aksa.

Yulimarni., Rahmanita, N. (2018). Peningkatan Kreativitas Kelompok PKK Dusun Kabun Baru Kec. Lubuk Alung melalui Pelatihan Sulaman. Jurnal Abdimas Mandiri. 2(2), 68-73. http://dx.doi.org/10.36982/jam.v2i2.526.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syahrul Muhyidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat