Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Interaktif kepada Guru MTs/MA Al-Wasilah Lemo

Muhammad Taqwin(1*), Sri Lestari Widayanti(2), suhes ti(3), Fitri Anti(4), Jas Min(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Berdasarkan hasil observasi mahasiswa kuliah kerja nyata program pengalaman lapangan (KKN-PPL) terpadu angkatan XXIV universitas negeri makassar di sekolah MTs/MA AL-Wasilah Lemo yang berlokasikan di Lemo Baru, Desa Kuajang, kecamatan Binuang, kabupaten Polewali Mandar. Ditinjau dari hal tersebut masih banyak guru yang belum mengerti tentang penggunaan bahan ajar dalam proses belajar mengajarnya. Selain itu masih banyak juga yang belum paham tentang penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini mahasiswa KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar angkatan XXIV mengangkat program kerja yakni pelatihan penggunanan aplikasi canva sebagai media pembelajaran yang interaktif. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu observasi. Hasil pelaksanaan yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu guru lebih interaktif dalam proses belajar mengajar dengan bantuan dari bahan ajar yang di buat dari aplikasi canva.

 


Keywords


Bahan Ajar, Canva, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Ambarita, E. (2021). Belajar Dari Rumah (BDR) Menggunakan Padlet Alternatif E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMAN 56 Jakarta). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.70.

Dewi, I. G. A. A. S. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Bahasa Bali. Journal of Education Technology, 3(3), 190. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.

Ngabekti, Prasetyo, Hardianti, & Teampanpong. (2019). The Development of STEM Mobile Learning Package Ekosistem. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16905.

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(1). https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292.

Selwyn, Neil. 2011. Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.


Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Taqwin, Sri Lestari Widayanti, suhes ti, Fitri Anti, Jas Min

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat