Pembentukan Karakter Anak-Anak Melalui Kelas Inspirasi dan Islami Serta Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Asri di Desa Karave Kec. Bulu Taba Kab. Mamuju Utara

Andi Nuzri Ramdhan(1), Fatur Rahman(2*), Feny Hasrianti(3), Multazima Oktavia Rukmana(4), Nur Halisa(5), Reza Amanda(6), Andi Anizah Nurul Fitri(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebuah bentuk intrakurikuler yang memperkenalkan dan memberikan pengalaman bekerja dan belajar mahasiswa di tengah-tengah masyakarat serta memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan hal demikian Universitas Negeri Makassar memberikan kewajiban kepada mahasiswa KKN Reguler Angkatan XLVI tahun 2022 untuk terjun langsung memberikan solusi-solusi masalah kepada masyarakat di Desa Karave Kecamatan Bulu Taba Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat. Berdasarkan observasi yang dilakukan, mahasiswa KKN mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa Karave yakni kurangnya kesadaran akan penting kebersihan lingkungan dan tidak adanya pembatas antar dusun. Maka dari itu dilakukan program kerja bakti sosial untuk menangani masalah tersebut. Selain itu juga dilakukan program kerja lain yaitu Kelas Inspirasi dan Kelas Islami. berdasarkan program kerja tersebut dapat dilihat hasil yang didapatkan, yakni wilayah desa Karave lebih tertata dan dikenali.
Kata kunci : KKN, program kerja, bakti sosial


Keywords


KKN, program kerja, bakti sosial

Full Text:

PDF

References


Fitriah. 2015. “Penyesuaian diri mahasiswa pada budaya masyarakat (studi kasus mahasiswa pasca kkn).” Sosial Landscape journal x (27): 19–30.

Ningrum, Dewi Agustya, Bayu Charisma Putra, Ika Widya Ardhyanti, dan Wiji Lestarinigsih. 2019. “Pembuatan sarana desa untuk papan petunjuk jalan desa dan lingkungan Desa Jogosatru.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 01 (01): 25–31. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/among/article/view/319.

Syardiansah, Syardiansah. 2019. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7 (1): 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915.

Talitha, Septy, Mochammad Makmur, dan Siswidyanto. 2006. “PENETAPAN DAN PENEGASAN BATAS DESA BERDASARKAN PERMENDAGRI NO . 27 TAHUN 2006 Pendahuluan” 1 (27): 1–6.

Umar, AUAA, ASN Savitri, YS Pradani, Mutohat, dan N Khamid. 2021. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID-19.” E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 39–47. www.journal.uta45jakarta.ac.id.

UNESA. 2012. “Buku Pedoman.” Standar Kompetensi Lulusan, no. 0324: 1–34.


Article Metrics

Abstract view : 3 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Nuzri Ramdhan, Fatur Rahman, Feny Hasrianti, Multazima Oktavia Rukmana, Nur Halisa, Reza Amanda, Andi Anizah Nurul Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat