Partisipasi Warga Desa Kasta Buana dalam Melaksanakan Program Bakti Sosial (Pembenahan Saluran Air) serta Pelaksanaan Do’a Bersama dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H.

Rahmat Alexis Fauzan(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk implementasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program kegiatan mengutamakan praktek konkret di masyarakat, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat sekitar. Mahasiswa diajak untuk meneliti serta merumuskan masalah yang kompleks, menelaah potensi dan juga kekurangan yang terdapat didalam masyarakat. Dengan demikian, Universitas Negeri Makassar memberikan kewajiban kepada Mahasiswa KKN Reguler Angkatan XLVI Tahun 2022 untuk terjun langsung memberikan solusi didalam permasalahan  pada masyarakat di Desa Kasta Buana, Kecamatan Bulu Taba, Kabupaten Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat. Berdasarkan observasi yang dilakukan, mahasiswa KKN mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Kasta Buana, yakni kurangnya kekompakan masyarakat akan pentingnya gotong royong dalam pembenahan saluran perairan pada kebutuhan dirumah ibadah (Masjid, Pura, dan Gereja). Maka dari itu, dilakukan program kerja bakti sosial untuk menangani masalah tersebut. selain itu, terdapat program kerja lain yang dilakukan oleh mahasiswa KKN, yakni melakukan doa bersama dalam menyambut bulan suci ramadhan guna mempererat tali silaturahmi antar masayarakat. Berdasarkan program kerja tersebut, maka hasil yang didapatkan, yakni masyarakat desa Kasta Buana lebih memperhatikan lingkungan sekitar terlebih saluran air yang terbengkalai dan juga masyarakat sekitar saling berinteraksi dengan baik antar sesama masyarakat.

 


Keywords


KKN, Mahasiswa, program kerja, bakti sosial, do’a bersama

Full Text:

PDF

References


Muniarti, Puji. Dkk. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima. Journal of empowerment. 2.(2).h 172-182.

Taufik, Yunus. Dkk (2021). Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan Bakti Sosial di Desa Tataleka Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal pengabdian masyarakat. 1. (2). 47-52.

Fandatiar, Galuh. S. F. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada Universitas Maria Kudus. Jurnal simetris. 6.(1).

Yulia, Puspita. (2021). Optimalisasi Media Digital Sebagai Sarana Penyampain Informasi di Tengah Pandemi Covid. Jurnal pengabdian masyarakat PGSD. 1.(1). 32-45

Ahmad, U. Dkk. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat di Tengah Pandemic Covid-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKN 2021). Jurnal pengabdian kepada masyarakat. 1. (1).


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmat Alexis Fauzan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat