Program English Area: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa SMK

Muhammad Farid(1), Amanda Amelia Tanasal(2*), Andi Raihanah Fatihah Akbarullah Puli(3), Rahmatan Lil Alamin(4), Renaldi Renaldi(5),

(1) 
(2) State University of Makassar
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan hasil observasi pada tiap kelas, permasalahan yang dialami oleh siswa SMKS TRI’S Maros adalah kurangnya kemampuan dan minat dalam berbahasa Inggris. Di era globalisasi sekarang ini, bahasa Inggris menjadi kemampuan yang perlu dimiliki, karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang umum digunakan dalam lingkup akademik dan sosial. English Area diadakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan berbahasa Inggris guna menumbuhkan minat belajar siswa dalam berbahasa Inggris. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan dalam aspek reading, speaking, dan listening. Pelatihan ini membuktikan bahwa para siswa sebenarnya memiliki kemampuan dan antusias dalam belajar berbahasa Inggris namun kemampuan tersebut tidak di asah dikarenakan kurangnya percaya diri.

 

Kata kunci: English Area, bahasa Inggris

 

ABSTRACT

Based on the results of observations in each class, the problems experienced by SMKS TRI'S Maros students are the lack of ability and interest in speaking English. In the current era of globalization, English is a necessary skill, because English is an international language that is commonly used in academic and social circles. The English Area is held to improve English language skills and knowledge to foster students' interest in learning English. Activities are carried out in the form of training aspects of reading, speaking, and listening. This training proves that students have the ability and enthusiasm to learn English, but these skills are not honed because they lack confidence.

 

Keywords: English Area, English

Keywords


English Area; English

Full Text:

PDF

References


Al Masri & Najar, M. Al. (2014). The Effect of Using Word Games on Primary Stage Students Achievement in English Language Vocabulary. American Internasional Journal of Contempory Research, Vol 4 (9), 144-145

Elsjelyn & Evelyn R. (2014). English Made Easy: Kunci Sukses Belajar Bahasa Inggris. Jakarta: Kesaint Blanc

Farid, M., Fajrul, M., Ajeng, T., Andira, A., Haswinar, Arif M. (2021), Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Dan Pembuatan Pupuk Kompos Di Kecamatan Pammana, Jurnal Lepa-lepa, 1 (4), 553-563

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Edisi: 50

Mustoip, S., Japar, M. & Zulela (2018). Implementasi Pendidikan. Jakad Publishing Book & Journal

Sari, L. & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Globalisasi. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Trisnadewi, K. & Lestari, E.A.P. (2018). Pengaruh Language Games Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris. Jurnal Bahasa dan Budaya Vol. 2 (1), 66-78


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 1399 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amanda Amelia Tanasal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat