Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kotoran Ternak (Urine Sapi) Menjadi Produk Pupuk Organik Cair dan Pestisida Alami di Desa Laikang

Sahrul Alam(1), Megawati Megawati(2), Riky Sadanu(3), Hasruddin Hasruddin(4), Muh Ilham(5), Moh Ahsan. S Mandra(6*), Andi Zulfikar Yusuf(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Desa Laikang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar merupakan sentra pengembangan sapi potong di Sulawesi Selatan. Pemeliharaan ternak di Desa Laikang pada umumnya masih seadanya dan belum melakukan pengolahan limbah baik berupa kotoran padat (feses) dan kotoran cair (urine). Masyarakat pada umumnya belum mengetahui teknologi pengolahan dan manfaat jika melakukan pengelolaan limbah ternak dengan baik. Hal ini berpotensi mengakibatkan pencemaran lingkungan, pencemaran udara serta dapat menimbulkan gangguan kesehatan baik pada manusia dan ternak itu sendiri. Padahal limbah kotoran sapi baik padat maupun cair (urine) sapi dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi pupuk organik cair dan pestisida alami. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat agar dapat mengolah limbah urine sapi menjadi pupuk organik cair dan pestisida alami yang ramah lingkungan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini dimulai dari sosialisasi, pemberian materi, pelatihan, evaluasi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini masyarakat mengetahui dan terampil mengolah limbah urine sapi menjadi pupuk organik cair dan pestisida alami. Masyarakat juga telah memiliki pola pikir untuk mengolah dan memanfaatkan limbah serta potensi lokal yang ada untuk dijadikan produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Keywords


Limbah Ternak, Biourine, Pupuk Organik, Pestisida Alami

Full Text:

PDF

References


Irawan, R., Asroh, Intansari, K., Meisani, N. D., Patimah, T., & Atabany, A. (2021). Pemanfaatan Urine Domba dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Pestisida Nabati. Jurnal Pusat Inovasi Masyarat, 2(Edisi Khusus), 101-105.

Affandi. (2008). Pemanfaatan urine Sapi yang Difermentasi sebagai Nutrisi Tanaman. Yogyakarta: andi offset.

Amir, Faizal; Mandra, M.A.S; Sunardi. (2019). Sistem Dinamik Model Efektif Pengelolaan Sampah. Makassar: Global RCI.

BPS. (2019). Kecamatan Mangarabombag Dalam Angka 2019. Takalar: BPS.

Hadi, R. A. (2019). Pemanfaatan Mol (Mikroorganisme Lokal) Dari Materi yang Tersedia di Sekitar Lingkungan. Agroscience, 9(01), 93-104.

Hadi, S.N. 2020. Pemanfatan Urine Sapi Sebagai Pupuk Cair (Biourine). BPTK Kalimantan Selatan.

Hendayana, D. (2014). Mengenal Tanaman Bahan Pestisida Nabati. Sumber: www.academia.edu/ 5533755/Mengenal-tanaman-bahan-pestisida-nabati. Diakses 01 Januari 2022

Isroi, & Yuliarti. (2009). Kompos Cara Mudah, Murah dan Cepat Menghasikan Kompos. Yogyakarta: Lily Publisher.

Kusasih, N. D., Lestari, R. P., & Darmono, P. B. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Desa: Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik. Surya Abdimas, 2(02), 52-60.

Mandra, M.A.S, Sunardi, & Ali, A. T. (2021). Application Of Biogas Digester Technology Utilizes Animal Waste. JCES (Journal of Character Education Society), 4(02), 280-289.

Maspary. 2010. Cara Mudah Fermentasi Urine Sapi. http:// www. gerbangpertanian. com/2010/04/cara-mudah-fermentasi-urine-sapi untuk.html.

Ningrum, P. A., Fatmawati, L., Wati, V. S., Inestasya, S., & Triasih, D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembuatan Pupuk Organik Dari Slurry Biogas di Desa Glagahagung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Untad, 8(02), 63-66.

Simorangkir, M., Riwayati, Idramsa, & Panggabean, F. T. (2016). Pemanfaatan Limbah Pertanian dan Peternakan Sebagai Kompos dan Pestisida Alami. Jurnal Pengabdian Masyarakat Unimed, 24(01), 21-24.

Taufieq, N. A., Tenriola, R., Aprianti, D. W., Salsabila, P. H., & Taufieq, A. N. (2019). Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Menggunakan Buah Maja Pada Kelompok Tani Desa Bontotiro di Kabupaten Bantaeng. Jurnal Dedikasi, 21(02), 128-133.

Yenie, E., S., Kalvin, A., Irfhan, M. (2013). Pembuatan Pestisida Organik Menggunakan Metode Ekstraksi dari Sampah Daun Pepaya. Teknik Lingkungan, 10 (1), 46-59.


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sahrul Alam, Megawati Megawati, Riky Sadanu, Hasruddin Hasruddin, Muh Ilham, Moh Ahsan. S Mandra, Andi Zulfikar Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat