Latihan Dasar Kepemimpinan dan Keorganisasian Untuk Siswa SMK Darul Ulum Amessangeng Maros

Muhammad Farid(1*), Muh Arham(2), Husnu Taqwin(3), Roswanda Saputri(4), Irawati Irawati(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendidikan merupakan hal penting dalam suatu negara. Pendidikan memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan atau potensi peserta didik serta membentuk watak atau karakter peserta didik untuk menciptakan bangsa yang bermartabat dan memiliki pemikiran yang berkualitas. Masa SMA sederajat merupakan masa peserta didik untuk mencari jati diri. Peserta didik di level ini pada umumnya masih bersifat labil dalam hal pemikiran. Maka diperlukan bimbingan dan pengembangan karakter pada peserta didik. SMK Darul Ulum merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan swasta yang ada di kabupaten maros yang berada dalam naungan Yayasan Pesantren Darul Ulum Amessangeng. Sekolah ini belum memiliki organisasi  baik itu yang bersifat intrakulikuler seperti OSIS maupun organisasi ekstrakulikuler. Selain itu tidak adanya pelatihan pengembangan karakter kepemimpinan dan keorganisasian Sehingga tidak ada wadah yang dapat mengembangkan karakter kepemimpinan dalam diri peserta didik. Kegiatan latihan dasar kepemimpinan dan keorganisasian sebagai solusi untuk mengembangkan diri dalam hal tanggung jawab, analisis dan pemecahan masalah, kemampuan public speaking sebagai dasar menjadi seorang pemimpin yang keratif, inovatif, dan berkualitas. Latihan Dasar Kepemimpinan dan Keorganisasi yang telah dilaksanakan ini diharapkan mampu menciptakan peserta didik yang memiliki rasa tanggung jawab berpikir kraetif dan inovatif berlandaskan iman dan taqwa.

 


Keywords


kepemimpinan, keorganisasian, smk, Pendidikan, karakter

Full Text:

PDF

References


Aprianti, R & Wahyuningsih, T. (2014) Pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan Sebagai Wahana Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa (Studi kasus di OSIS SMKN 1 Yogyakarta Periode 2012-2013). Jurnal Citizenship. 3(2): 127-140.

Farid, M., Fajrul, M., Ajeng, T., Andira, A., Haswinar, Arif M. (2021). Pelatihan Pembuatan Handsanitizer dan Pembuatan Pupuk Kompos Di Kecamatan Pammana. Jurnal Lepa-lepa. 1 (4), 553-563.

Fitriani & Suyanto. (2015). Kompetensi Kepemimpinan Siswa Pasca Mengikuti Program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMK 12 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 3(3): 354-368.

Trang, D.S,. (2013). Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal EMBA. 1(3): 208-216.


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Farid, Muh Arham, Husnu Taqwin, Roswanda Saputri, Irawati Irawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat