Perancangan Video Profil dan Kreasi Mural Sebagai Bentuk Promosi Efektif dalam Peningkatan Eksistensi SMK

Muhammad Farid(1), Riska Sinta Nurpadila(2*), Ria Hasyriani Hasyim(3), A.M Setiawan Rahmad(4), Indah Cahyani(5), Dewan Ghiyats Yan(6),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Program kerja ini mendeskripsikan mengenai video profil sebagai sebuah media elektronik untuk menyampaikan informasi yang sangat efektif dalam memperkenalkan profil suatu sekolah. Melalui media visual maka semua informasi dapat dengan mudah dicerna oleh semua kalangan masyarakat. SMKS Kebangsaan Indonesia Maros sangat membutuhkan media promosi untuk sosialisasi di era digital kepada masyarakat untuk meningkatkan eksistensinya agar tidak mengalami ketertinggalan terkait eksistensi sekolah. Maka untuk melakukan promosi akan dikembangkan sebuah video profil sekolah. Dalam pembuatan video ini, digunakan software Adobe Premiere CC 2017 sehingga memudahkan pembuatan video profil sekolah. Dalam pembuatan video profil tahapan yang akan dibuat dimulai dari tahap pra produksi (persiapan ide, pengerjaan video), tahap produksi (proses pengambilan gambar), tahap pasca produksi (editing video) serta elemen-elemen yang ada di setiap tahapnya. Hasilnya berupa video profil yang digunakan untuk mempromosikan SMKS Kebangsaan Indonesia Maros. Tak hanya video profil sekolah mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXIII UNM juga membuat suatu kreasi mural guna untuk membangkitkan minat siswa dan calon peserta didik. Mural atau lukisan dinding adalah kegiatan menggambar atau melukis diatas media dinding yang relatif luas. Mural yang ditampilkan tidak hanya menampilkan estetika dari lukisannya, melainkan pesan-pesan dibaliknya yang ingin disampaikan untuk siapapun yang melihatnya.


Keywords


video profil, media informasi, eksistensi sekolah, kreasi mural.

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. T. (2017). Pembuatan Video Profil Sekolah Dasar Negeri 1 Tugu Jumantono Kabupaten Karanganyar. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 6(1). (Diakses pada tanggal 19 Desember 2021).

Farid, M., Fajrul, M., Ajeng, T., Andira, A., Haswinar, Arif M. (2021), Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Dan Pembuatan Pupuk Kompos Di Kecamatan Pammana, Jurnal Lepa-lepa, 1 (4), 553-563.

Joy Johari (2012). Manfaat Web bagi Sekolah, http://petir fenomenal.blogspot.com/2012/08/manfa at-website-bagi-sekolah.html. (Diakses pada tanggal 19 Desember 2021).

Khusnia, D., & Riasti, B. K. (2013). Pembuatan Website Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kalitidu Bojonegoro. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 3(1). (Diakses pada tanggal 19 Desember 2021).

Wahono, R. S. 2008 Langkah Mudah Membuat Multimedia Pembelajaran. Tersedia pada http://www. romisatriawahono. net/2008/03/03/7-langkah-mudah-membuat-multimedia- pembelajaran/(diakses pada tanggal 19 Desember 2021).

Wahyudi, A. T., Natadjaja, L., Wicandra, O. B., & Waluyanto, H. D. (2017). Kajian Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Mural (Studi Kasus: Mural Dinding Sekolah TK YBPK Sekar Indah Malang).

Nirmana, 17(2), 87-95. (Diakses pada tanggal 19 Desember 2021).

Wicandra, Obed Bima. (2005). Berkomunikasi Secara Visual Melalui Mural di Djogjakarta, Nirmana, 7(2), 129. (Diakses pada tanggal 19 Desember 2021).


Article Metrics

Abstract view : 3 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riska Sinta Nurpadila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat