Pemanafaatan Green House dan Lahan Di Lingkungan Boarding School UPT SMAN 11 PINRANG

Andi Haridza Ade Hilna(1*), Rahmawati Rahmawati Rahmawati(2), Nur Zahirah Zahirah(3), Sri Laharti Patandung(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

SMAN 11 Pinrang merupakan salah satu sekolah Boarding School yang terdapat di Kabupaten Pinrang tepatnya di Kecamatan Watang Sawitto. Sekolah ini memiliki banyak lahan yang bisa dimaanfaatkan untuk ditanami, seperti adanya Green House dan lahan-lahan yang kosong disekitar sekolah. Namun, dalam kurung waktu dua tahun belakangan ini Green House dan lahan-lahan kosong tersebut tidak di pergunakan sebagaimana fungsinya. Seperti yang telah diketahui adanya Covid-19 yang membuat segala aktivitas terhenti baik proses pembelajaran dan kegiatan lainnya di lingkungan sekolah. Maka dari itu beberapa program kerja yang dilaksanakan di sekolah salah satunya adalah pemanfaatan Green House dan lahan kosong di lingkungan sekolah. Fungsi Green House sebagai tempat penananam baik itu buah ataupun sayuran. Pemecahan masalah yang dilakukan yaitu dengan mengadakan sistem penanaman dengan metode menanam di media Polybag. Program penanaman ini diharapkan bisa terus berjalan dan bermanfaat salah satunya menjadi persedian bahan makanan untuk seluruh masyarakat di lingkungan asrama sekolah.


Keywords


Kata kunci: Green House, Covid-19, Penanaman, Polybag, Boarding School

Full Text:

PDF

References


Awaru, A. O. T., Syam, A., Rahman, A., Torro, S., Zulkifli, Ferdiansyah, E., & Khatimah, A. K. (2021). WORKSHOP EDUKASI MICROSOFT OFFICE 365 DALAM UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 Surat Edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI Nomor 4 Tahun pembelajaran pelaksanaan berubah kebijakan belajar dari rumah ( Learning jaringan a. 5(2), 1–4.

Farid, M., Wahyuni, R., Nurhayati, B., Khaeru, R., Pendidikan, P., Otomotif, T., Teknik, F., Makassar, U. N., Sendratasik, P. P., Makassar, U. N., Pendidikan, P., Rupa, S., Makassar, U. N., Ekonomi, P. P., Ekonomi, F., Makassar, U. N., Keolahragaan, F. I., Negeri, U., Pendidikan, P., … Makassar, U. N. (2021). Pemanfaatan Greenhouse Secara Optimal dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Lingkungan Asri di SMA Negeri 8 Wajo ABSTRAK. 1, 337–342.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Jeklin, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. July, 1–23.

Lindley, M. (1978). di sekitar greenhouse dan menciptakan iMim mikro di dalamnya yang.

Nafila, A., Prijatna, D., & Herwanto, T. (2018). Percobaan Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran ( Structural and Functional Analysis of Greenhouse, Case Study at Experimental Field and Greenhouses Faculty of Agriculture , Universitas Padjadjaran). Jurnal Teknotan, 12(1), 36–49.

Rizkiani, D. N., Sumadyo, A., & Marlina, A. (2020). Greenhouse Sebagai Wadah Penelitian Hortikultura. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur (Senthong), 3(2), 461–470.

Surachman, R. (2013). Pemanfaatan Tanaman Di Halaman Sekolah Dalam. 67–73.

Tando, E. (2019). Review : Pemanfaatan Teknologi Greenhouse Dan Hidroponik Sebagai Solusi Menghadapi Perubahan Iklim Dalam Budidaya Tanaman Hortikultura. Buana Sains, 19(1), 91. https://doi.org/10.33366/bs.v19i1.1530

Tonsuk, D., & الله, ب. م. ع. (1970). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Kaos GL Dergisi, 2(October), 765–770.


Article Metrics

Abstract view : 3 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andi Haridza Ade Hilna, Rahmawati Rahmawati Rahmawati, Nur Zahirah Zahirah, Sri Laharti Patandung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat