Pembentukan Karakter Dengan Pembiasaan Kegiatan Religius Di Smk Negeri 1 Barru

agustina Marianti M(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Pembentukan karakter sangat penting ditanamkan sejak dini, karakter positif dapat terbentuk karena adanya pembiasaan – pembiasaan positif yang di lakukan.Di sekolah, juga sangat penting untuk membangun karakter positif dalam diri setiap siswa.Salah satunya terkait dengan pembentukan karakter dengan pembiasaan dalam melaksanakan kegiataan religious disekolah. Untuk merealisasikan pembiasaan kegiatan religius disekolah, mahasiswa KKN-PPL UNM berinisiatif untuk berpartisipasi dengan pihak sekolah dalam melaksanakan kegiatan religius upaya meningkatkan karakter religius siswa disekolah dengan pembiasaan sholat berjamaah sepulang sekolah dan kegiatan tadarus Al-Quran sebelum proses pembelajaran di mulai. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pembiasaan religius di sekolah yaitu dengan melakukan observasi dan dokumentasi.Adapun hasil yang di dapatkan masih banyak siswa yang sulit untuk menanamkan pembiasaan tersebut.Tetapi sebagian siswa sudah mulai terbiasa dengan pembiasaan kegiatan religius tersebut.

 


Keywords


Pembiasaan, religius, karakter, siswa, sekolah

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Silkyanti, F. (2019).Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36-42.

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63-82.

Mutakin, T. Z. (2014). Penerapan teori pembiasaan dalam pembentukan karakter religi siswa di tingkat sekolah dasar. Edutech, 13(3), 361-373.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55-66.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 agustina Marianti M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat