Pengelolaan Apotek Hidup Sebagai Pengembangan Diri Siswa untuk Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Yuke Anjalya(1*), Hamzah Pagarra(2), Nur Hidayah(3), Samsinar A(4), Risdayanti Rahman(5), Nur Jalaluddin(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pembuatan atau pengadaan apotek hidup bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat serta dampak pemanfaatan taman apotek hidup sebagai upaya pengembangan diri siswa untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa di SMKN 1 TIKKE. Pendidikan karakter tanggung jawab dapat diartikan sebagai pendidikan yang bertujuan membangun karakter tanggung jawab peserta didik seperti peduli terhadap lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar. Salah satu upaya untuk membentuk perilaku peduli lingkungan dikalangan siswa yaitu dengan pemanfaatan apotek hidup. Metode kegiatannya, 1) Pembuatan apotek hidup di lingkungan sekolah 2) Pemanfaatan taman apotek hidup meliputi: a. Sebagai bahan obat tradisional, b. Obat yang murah dan mudah didapat serta memiliki efek samping., 3) Dampak pemanfaatan taman apotek hidup antara lain: a. Siswa dapat dipercaya saat diberi tanggung jawab merawat tanaman apotek hidup; b. Siswa melaksanakan tugas rutin merawat tanaman apotek hidup tanpa harus selalu diberi tahu, dan melaksanakan tugas sesuai jadwal yang sudah dibuat tanpa harus diperintah oleh guru. Hasil dari kegiatan ini adalah tersedianya apotek hidup di lingkungan sekolah yang terdiri dari berbagai jenis tanaman. Jumlah jenis tanaman yang terdapat dalam apotek hidup sekolah adalah sebanyak 7 jenis tanaman. Setiap tanaman terdapat penanda yang berisi nama di sertakan dengan nama latinnya setiap tanaman untuk memudahkan mengenali jenis tanaman tersebut.

Keywords


Pemanfaatan Apotek Hidup , Karakter Tanggung Jawab, sekolah

Full Text:

PDF

References


Aziz, E. 2013. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyandari, M.M. P. 2018. Skripsi Pemanfaatan Taman Apotek Hidup sebagai Upaya Mengoptimalkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas Atas Di SD Negeri Tegalmuncar Sawit Boyolali . Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herbie, T. 2015. Kitab Tanaman Berkhasiat Obat 226 Tumbuhan Obat untuk Penyembuhan Penyakit dan Kebugaran Tubuh. Yogyakarta: Octopus Publishing House.

Rusmina. (2015). Studi ethobotani tumbuhan obat pada masyarakat suku mandar di desa sarude sarjo kabupaten mauju utara Sulawesi barat. Jurnal biocelebes. 9(1): 73-87

Yanto, R. H., dkk. 2016. Laporan Pelaksanaan KKN. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 yuke anjalya, Nur Hidayah, Samsinar A, Risdayanti Rahman, Nur Jalaluddin, Hamzah Pagarra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat