Gerakan Peduli Lingkungan Sehat Bebas Covid-19 Melalui Kegiatan Pembagian Masker di Pasar Sentral Majene

Arie Arma Arsyad(1), Ayu Juliastrid. A(2*), Nany Khadijah(3), Hasriani .(4), Rihlah Ayu Raoda(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Corona Virus Disease (Covid -19) merupakan wabah penyakit yang meresahkan bagi beberapa negara yang ada di dunia. Salah satu negara yang terdampak virus ini ialah Indonesia. Hal ini dikarenakan Covid-19 menyebar dengan begitu cepat dan menyerang organ pernafasan. Menurut World Health Organization (WHO) penggunaan masker menjadi salah satu usaha penting dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Masker tidak hanya digunakan untuk orang yang terjangkit virus, namun dapat pula digunakan untuk melindungi orang yang sehat. Tujuan kegiatan ini adalah menyadarkan masyarakat betapa pentingnya penggunaan masker di tempat umum. Pembagian masker dilaksanakan secara face to face dengan tetap mematuhi protocol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 11 Desember 2021 di Pasar sentral, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, oleh mahasiswa KKN-PPL UNM ANGKATAN XXIII dengan jumlah masker sebanyak 200 lembar. Dari hasil kegiatan menunjukkan antusiasme masyarakat mulai dari pedagang, tukang ojek, tukang becak, serta masyarakat yang sedang melakukan transaksi di Pasar sentral tersebut. Hasil dari kegiatan ini masyarakat mampu menaati protokol kesehatan dengan memperhatikan penggunaan masker ketika berada di tempat umum serta lebih menjaga kebersihan.

Keywords


Covid-19, Masker, Protokol Kesehatan, Pasar Sentral

Full Text:

PDF

References


Firdayanti, F., Mumthi, A., Taherong, F., Yuni, Z., Saleha, S., & Diarfah, A. D. (2020). Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis Pencegahan Covid-19 Melalui Pembagian Masker Di Kelurahan Romang Polong Kabupaten Gowa. 2(1), 53–57.

Lette, A. R., Lemaking, V. B., Feoh, F. T., Muskananfola, I. L., Selly, J. B., Barimbing, M. A., Kardina, R., Hurek, K., Dion, Y., Bangsa, U. C., No, J. M., Putih, K. K., Kupang, K., & Tenggara, N. (2021). Pembagian Masker dan Vitamin C dalam Upaya Pencegahan Penularan COVID-19 pada Pedagang di Pasar Oesao-Kabupaten Kupang. 2(1), 50–56.

Mertz, D. (2020). Spotlight Use of facemasks during the COVID-19 pandemic Hypersensitivity pneumonitis : the first diagnostic guidelines. 2, 954–955. https://doi.org/10.1016/S2213-2600(20)30352-0

Petrus, S., Priska, F. I., Yuvantinus, E. W., Angela, K. D., & Antonius, N. (2020). Available online at: http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jrt/. 3(2), 3–9.

Syapitri, H., Siregar, L. M., & Saragih, F. L. (2020). Pencegahan Penularan Covid-19 Melalui Sosialisasi Dan Pembagian Masker Di Pasar Pringgan Medan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 3(2), 422–429.


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arie Arma Arsyad, Ayu Juliastrid. A, Nany Khadijah, Hasriani ., Rihlah Ayu Raoda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat