Pelatihan Video Editing Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Softskill Pelajar di Kabupaten Pinrang

asmar asmar(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Berdasarkan Hasil Observasi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengalaman Lapangan (KKN-PPL) Terpadu angkatan XXIII Universitas Negeri Makassar di beberapa sekolah SMA dan SMK yang ada di kabupaten Pinrang. Ditinjau dari hal tersebut banyaknya siswa yang memiliki minat di bidang Video Editing. Dalam hal ini, mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM menempatkan salah satu program kerja yakni pelatihan IT Video Editing. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan softskill pelajar SMA/SMK di kabupaten Pinrang. Pada kesempatan kali ini, transfer pengetahuan berupa penguasaan video editing menggunakan Filmora.


Keywords


Softskill, Video Editing, Filmora

Full Text:

PDF

References


Dewanta, A., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2015). Perancangan Aplikasi Permainan Let’s Say dengan Interaksi Pengenalan Ucapan. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(1), 72–78. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.1.2015.72-78

Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Pengembangan Media Interaktif untuk Siswa Melalui Multi Media berbasis Video dan Audio. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 250–260. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp250-260

Gogali, V. A., Erlangga, C. Y., Putra, J. P., Utomo, I. W., & Irhamdhika, G. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Penunjang Media Presentasi (Studi pada SSDM Mabes Polri Jakarta Selatan). Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 503–509.

Lesmana, C., Hartono, H., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru Smp Negeri 1 Sungai Kakap. Al-Khidmah, 1(2), 61. https://doi.org/10.29406/al-khidmah.v1i2.1216

Muttaqin, H. P. S., Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VI SD Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1).

Nugraha, D. A., & Sudiyono, S. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio Bagi Guru-Guru Sdn Merjosari 1. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182. https://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2811

Pritama, A. D., Waluyo, R., & Sukmaningsih, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Pelatihan Pembuatan Video Kreatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdimas UBJ, 8–16.

Setiani, F., & Rasto. (2016). Mengembangkan soft skill siswa melalui proses pembelajaran ( Developing students ’ soft skill through teaching and learning process ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 160–166. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Sugihartini, N., Agustini, K., Made, I., Pradnyana, A., Pendidikan, J., Informatika, T., Teknik, F., & Kejuruan, D. (2017). Pelatihan Video Editing Tingkat Smk Se-Kota Singaraja. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 172–180. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/11781

Whitaker, J. C., & Relating, T. (n.d.). Dictionary of Video.


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 asmar asmar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat