Penggunaan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 5 Majene

delvin esperansia andala(1*), nur wahyuni(2), mercy sambo(3), fatmawati .(4), nuria rara(5), sul qadri(6), asril yanto(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Pemecahan masalah merupakan kemampuan dalam proses berpikir yang dimiliki seseorang dalam memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi. Berdasarkan hasil observasi Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXIII Universitas Negeri Makassar di SMP Negeri 5 Majene, sebagian besar peserta didik di SMP Negeri 5 Majene belum mampu memahami cara memecahkan masalah pribadi dan sosial. Dalam hal ini Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXIII Universitas Negeri Makassar di SMP Negeri 5 Majene menempatkan salah satu program kerja yakni layanan bimbingan klasikal. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mampu memahami  kemampuan dalam memecahkan masalah pribadi dan sosial. Pemecahan masalah dapat diwujudkan dengan pembelajaran pendekatan problem solving yaitu pembelajaran dengan jalan melatih peserta didik dalam menghadapi berbagai masalah baik itu perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau bersama-sama.

Kata kunci: Pemecahan masalah, pendekatan pemecahan masalah, dan bimbingan.

 

ABSTRACT

Problem solving is the ability in the thought process that a person has in solving a problem at hand. Based on the observations of the XXIII Integrated KKN-PPL Students of Makassar State University at SMP Negeri 5 Majene, most of the students at SMP Negeri 5 Majene have not been able to understand how to solve personal and social problems. In this case the Integrated KKN-PPL Student Force XXIII Makassar State University at SMP Negeri 5 Majene placed one of the work programs, namely classical guidance services. Through this activity, it is expected to be able to understand the ability to solve personal and social problems. Problem solving can be realized by learning a problem solving approach, namely learning by training students in dealing with various problems, both individual and group problems to be solved alone or together.

Keywords: Problem solving, problem solving approach, and guidance.

Keywords


Pemecahan masalah, pendekatan pemecahan masalah, dan bimbingan.

Full Text:

PDF

References


Febriyanti, A, dkk. (2020). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. (Online). 11 (1)

Husna, & Burais F. F. (2018). Penggunaan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Peluang. (Online). VI (2).

Irwanto, Z. 2016. Pengaruh Teknik Problem Solving Dalam Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa. Journal of EST. (Online). 2 (3).

Iryani dan Kawasati,R. (2019). Teknik Pengumpulan Data. Ekonomi Syariah: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)

Kamilah & Imami. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Pandang, A., & Anas, M. (2019). Penelitian Eksperimen dalam Bimbingan Konseling Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap Demi Tahap. Makassar: Badan Penerbit UNM


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 delvin esperansia andala, nur wahyuni, mercy sambo, fatmawati ., nuria rara, sul qadri, asril yanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat