Peningkatan Karakter Masyarakat Desa Kasano Melalui Kegiatan Keagamaan

Muhammad Hidayat(1*), Amalia Aulia Yahub(2), Kris Kiding Allo(3), Esa Khairunnisa(4), Ika Reskiyanti(5), Zainuddin Zainuddin(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di Universitas Negeri Makassar. Visi dari KKN adalah salah satu wujud pengabdian Mahasiswa kepada masyarakat dengan keinginan untuk merubah atau menciptakan sesuatu melalui pemberian pemberdayaan, pelatihan, dan pendampingan dengan tujuan untuk menyadarkan potensi yang terdapat pada masing-masing individu serta meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan. Kegiatan KKN Reguler dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober – 18 Desember 2021 secara bertahap mulai dari persiapan berupa observasi Dusun, dan observasi lingkungan masyarakat. Berdasarkan observasi, analisis situasi dan koordinasi dengan pihak pemerintah Desa setempat, maka disusunlah beberapa program yang dilaksanakan KKN dan masyarakat ini adalah sebagai berikut: Jumat Bersih, English and Math for Children, Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an di TPA, Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Festival Anak Shaleh.

Program-program yang telah dilaksanakan tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Setelah masa KKN, diharapkan pihak masyarakat akan terus mengembangkan program yang telah dilaksanakan. Seluruh kegiatan yang telah kami laksanakan dapat berjalan dengan lancar dan diterima baik oleh masyarakat setempat. Hal ini terbukti dengan reaksi dan berpartisipasinya warga selama kegiatan KKN berlangsung.

Kata kunci: KKN Reguler, Universitas Negeri Makassar, Desa Kasano

Keywords


Kata kunci: KKN Reguler, Universitas Negeri Makassar, Desa Kasano

Full Text:

PDF

References


BP-KKN. (2016). Petunjuk Teknik dan Petunjuk Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Lampung Periode Januari Tahun 2016. Lampung: Universitas Lampung.

Abdul Majid, Dian Andayani. (2011) Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Haedar Nasir. (2013) Pendidikan Karakter berbasis Agama dan Budaya (Yogyakarta: Multi Presindo).


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Hidayat, Amalia Aulia Yahub, Kris Kiding Allo, Esa Khairunnisa, Ika Reskiyanti, Zainuddin Zainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat