Daur Ulang Sampah Plastik Guna Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik di SDN No. 11 Baurung

Syamsuddin, .(1), Irayanti Iskandar(2*), Dita Marchya Aurelia(3), Kamelia Kamelia(4), Achmad Farid(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Sampah-sampah yang dibuang tanpa dipilah dapat dianggap lingkungan apabila tidak ditangani dengan baik, sampah yang tidak dibuang pada tempatnya akan menumpuk dan menimbulkan masalah seperti tempat tumbuhnya penyakit, pencemaran udara, banjir, bau tidak sedap dan dari segi psikologis dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dalam aktivitas termasuk dalam lingkungan sekolah. Untuk meminimalkan dampak buruk sampah yang perlu dilakukan sosialisasi dan program pemilihan jenis sampah yaitu sampah organik, anorganik, dan B3 yang diharapkan dapat memperkuat pemahaman anak-anak tentang berbagai jenis sampah dan bagaimana cara pengelolahannya. Program ini kami laksanakan di SDN No. 11 Baurung. Mahasiswa KKN PPL telah melakukan kegiatan pengolalaan sampah plastik dan daur ulang sampah bagi siswa sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang daur ulang sampah anak-anak. Manfaat kegiatan ini untuk mengurangi sampah dan memberikan pengetahuan dalam penanganan sampah sejak dini sehingga terwujudlah yang peduli terhadap sampah. Berdasarkan pengamatan yang didapatkan, kurang pemahaman siswa dalam mendaur ulang sampah dan mengembangkan ide kreatif untuk mengubah sampah menjadi benda yang bermanfaat, dan layak.


Keywords


Siswa Sekolah Dasar, Daur Ulang, Sampah, kreatifitas

Full Text:

PDF

References


Hartono, Yadi. Dkk. 2020. Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah. Malang : Literasi Nusantara

Imam, R. M., Hariyadi, F., & Choirotin, I. (2019). Sadar Pilah Sampah Dengan Konsep 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) Di Desa Gedongarum, Kanor, Bojonegoro. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 81–87.

Makmun, Nenny.2019.Sahabat Sampah.Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Shobri, A. (2014). Program pilah sampah plastik, kardus, kertas dalam meningkatkan nilai kebersihan siswa dan pendapatan sekolah di SDN Tambakaji 04, SDN Ngaliyan 01 dan SDN Ngaliyan 03. IAIN Walisongo.

Shinta, Arundati. 2019. Penguatan Pendidikan Ro-Lingkungan Hidup di Sekolah untuk Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda pada Lingkungan Hidup Yogyakarta : Best Publisher

Zaki, A. (2015). Perancangan Kampanye Gerakan Pilah Sampah Kota Bandung. Universitas Komputer Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 415 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irayanti Iskandar, Achmad Farid, Dita Marchya Aurelia, Kamelia Kamelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat