Pembentukan Sanggar Seni sebagai Wadah Pengembangan Minat dan Bakat Siswa dalam Bidang Kesenian Di UPT SMA Negeri 7 Sidrap Kec. Pitu Riawa Kab. Sidrap

Sri Wahyuni Muhtar(1), Riskayanti M.(2*), Evi Wedyaningsih Jufri(3), Harrits Razak Ismail(4), Miftahul Fauzi(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Sanggar seni merupakan wadah yang dibentuk dengan tujuan sebagai tempat pengembangan minat dan bakat. Berdasarkan hasil observasi mahasiswa KKN-PPL Terpadu angakatn XXIII Universitas Negeri Makassar, ada banyak Siswa di SMAN 7 Sidrap yang memiliki bakat dalam hal kesenian, namun karena adanya keterbatasan dalam hal wadah bagi pengembangannya sehingga bakat tersebut tidak terasah. Olehnya mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM merancang sedemikian program kerja yang salah satunya adalah pembentukan sanggar seni yang tujuannya adalah mewujudkan wadah bagi siswa SMAN 7 Sidrap untuk mengembangkan bakatnya yang dalam prosesnya Mahasiswa KKN-PPL UNM sekaligus memberikan pelatihan khususnya pada seni tari. Melalui kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan minat dan bakatnya dalam wadah yang telah dibentuk tersebut. Hasilnya, siswa memiliki wadah pengembangan minat dan bakat serta mendapatkan bekal dari pelatihan yang diterima dari mahasiswa KKN-PPL UNM.

Keywords


Sanggar Seni, Pelatihan, Seni Tari

Full Text:

Untitled

References


Asdar, dkk. (2020). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Bahan Baku Produk Kerajinan Bernilai Ekonomi Dalam Berwirausaha. Journal Lepa-Lepa Open Mahasiswa Universitas Negeri Makassar.

Hartono. (2000). Peran Sanggar dalam Pengembangan Seni Tari. Yogyakarta: Lentera Budaya

Khutniah, Nainul. & Veronica Eny Iryanti. (2012). Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati di Sanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara. Jurnal Seni Tari Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Mirdamiwati, S. M. (2014). Selendang pemalang. 11.

Permas, Achsan. (2002). Manajemen Seni Pertunjukan. PPM Jakarta Pusat.

Setyawati, Atik Wahyu. (2008). Eksistensi Sanggar Tari Penunggul Sari Kabupaten Jepara. Skripsi Jurusan Sendratasik. Semarang: FBS Unnes.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | Untitled view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riskayanti M., Evi Wedyaningsih Jufri, Harrits Razak Ismail, Miftahul Fauzi, Sri Wahyuni Muhtar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat