Workshop Series Mental Health Di UPT SMA Negeri 1 Maros

Syakhruni Syakhruni Syakhruni(1), Nur Izmi Edys(2*), Asiah Balqis Balqis(3), Haslindah Haslindah Alimuddin(4), Nabilah Nabilah Khairunnisa(5), Muhammad Tauhid Al-Islami(6),

(1) SENI TARI, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) PENDIDIKAN SENI RUPA, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Makassar
(6) Penjaskesrek, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan workshop mental health ini diadakan di UPT SMAN 1 Maros pada hari Senin, Tanggal 22 November 2021 dimulai pukul 14.30-17.00 WITA. Kegiatan ini dihadiri oleh 35 siswa yang merupakan perwakilan kelas dan pemateri yaitu Aya Purnamasari. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan Workshop Mental Health ini adalah untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga Kesehatan mental ini agar terwujudnya kehidupan yang lebih baik kedepannya, dimana siswa mampu beradaptasi dengan beradaptasi dengan perubahan, memanaje situasi yang krisis, mendemontrasikan hubungan yang bermakna dengan individu lain dan menikmati kehidupan. Pelaksanaan kegiatan ini yaitu pemberian materi mental health, pemberian sesi tanya jawab oleh peserta workshop, pemberian games serta konsultasi masalah yang dialami oleh siswa peserta workshop. Sehingga dari kegiatan ini siswa akan mendapatkan pengetahuan kepercayaan tentang gangguan mental yang membantu individu untuk mengenali, mengelola dan mencegah gangguan mental tersebut. Semakin tinggi pemahaman siswa terkait Kesehatan mental, siswa semakin dapat mendeteksi gangguan mental dan mengelolanya secara efektif.


Keywords


Workshop, Kesehatan Mental

Full Text:

PDF

References


Hadjam, M. N. R., & Widhiarso, W. (2011). Pengujian model peranan kecakapan hidup terhadap kesehatan mental. Jurnal Psikologi, 38(1), 61-72.

Idham, A. F., Rahayu, P., As-Sahih, A. A., Muhiddin, S., & Sumantri, M. A. (2019). Trend literasi kesehatan mental. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(1), 12-20.


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syakhruni Syakhruni Syakhruni, Nur Izmi Edys, Asiah Balqis Balqis, Haslindah Haslindah Alimuddin, Nabilah Nabilah Khairunnisa, Muhammad Tauhid Al-Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat