Penerapan Budidaya Ikan dan Sayur dalam Ember (BUDIKDAMBER) Sebagai Solusi Pangan Lahan Terbatas

Aulia Dzalsabila(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Budikdamber menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki tambak ikan serta lahan yang sempit. Lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat Budidaya Ikan dan Sayuran dalam Ember atau lebih dikenal dengan istilah BUDIKDAMBER. Selain sederhana, budikdamber juga dapat menekan pengeluaran dibandingkan pembuatan akuaponik yang lain. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini diharapkan mewadahi masyarakat dalam pembuatan budikdamber sebagai pemenuhan syarat tri dharma perguruan tinggi negeri yaitu pengabdian kepada masyarakat. Hasil yang diperoleh masyarakat berupa keterampilan dalam memanfaatkan lahan yang terbatas untuk memberikan pemenuhan gizi dan protein yang didapatkan dari ikan dan sayur hasil panen dari kegiatan budikdamber.


Keywords


BUDIKDAMBER, KKN, Maros

Full Text:

PDF

References


Andhikawati, A., Handaka, A. A., & Dewanti, L. P. (2021). Penyuluhan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) Di Desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Farmers: Journal Of Community Services, 2(1), 47-51.

Fathorrahman, F., Maswarni, M., Khoir, O. I., & Widodo, S. (2021). Budidaya Ikan Lele Dan Tanaman Kangkung Dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga Pada Masyarakat Sekitar Masjid Qubatul Islam, Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Pengabdian Sosial, 1(1).

Nursandi, J. (2018). Budidaya Ikan dalam Ember “ Budikdamber ” Dengan Aquaponik Di Lahan Sempit Fish Culture In A " Budicdamber " Bucket With Aquaponics On Narrow Lands, (2013), 129–136.

Purnaningsih, N., Masruri, G. A., Ihsan, T., Tryantono, B., & Almer, R. (2020). Diseminasi Budidaya Ikan Dalam Ember Sebagai Solusi Kegiatan Budidaya Di Lahan Sempit. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (Pim), 2(2), 112-120.

Saputri, S. A. D., & Rachmawatie, D. (2020). Budidaya Ikan Dalam Ember: Strategi Keluarga Dalam Rangka Memperkuat Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa, 2(1).

Setiyaningsih, D., Bahar, H., Iswan, I., & Al-Mas' Udi, R. A. A. (2021, February). Penerapan Sistem Budikdamber Dan Akuaponik Sebagai Strategi Dalam Memperkuat Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj 1(1).

Setyani, D., Mantuh, Y., & Augusta, T. S. (2021). Budidaya Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Dan Ikan Nila Hitam (Oreochromis Niloticus) Dalam Ember (Budikdamber). Ziraa'ah Majalah Ilmiah Pertanian, 46(2), 157-164.

Zen, S., Kamelia, M., Noor, R., & Asih, T. (2020). Budidaya Sayuran Dan Ikan Dalam Ember Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Skala Rumah Tangga Selama Pandemi Covid-19.


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aulia Dzalsabila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat