Meningkatkan Kreativitas Ibu-ibu PKK Desa Paenre Lompoe, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba melalui Pelatihan Pembuatan Kue Lapis Motif Sutra

Nurul Maulidya(1*), Eunike Natalia(2), Leni Ulianti(3), Ummu Atiyah AS(4), Dewi Suhaerni(5),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Kue lapis merupakan kue khas yang sering dijumpai atau ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun jajanan kaki lima. Pada umumnya kue lapis yang dikenal di kalangan masyarakat adalah kue lapis dengan layer atau lapis empat. Melalui pelatihan pembuatan kue lapis motif sutra yang diadakan oleh Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXII Universitas Negeri Makassar bertujuan untuk memperkenalkan inovasi pembuatan kue lapis dengan teknik yang berbeda yang menghasilkan motif sutra yang berbeda dengan kue lapis pada umumnya.
Kegiatan pelatihan pembuatan kue lapis motif sutra dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2021. Adapun kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan dengan metode Demo Masak di hadapan ibu-ibu PKK Desa Paenre Lompoe Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan masyarakat atau ibu-ibu PKK yang mengikuti pelatihan dapat meningkatkan kreativitas dalam membuat kue lapis dengan motif yang unik, berbeda dan mempunyai nilai jual yang lebih dari kue lapis pada umumnya.

Kata kunci: kue lapis, motif sutra, inovasi, kreativitas


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Maulidya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat