Pembuatan Green House dalam Meningkatkan Integritas Sekolah yang Berbasis Lingkungan

Rifka Almunawarah(1*), Zulfiana Zulfiana(2), Fira Yunita(3), Hikmah Fatul Jannah(4), Muhammad Arief Rezkiawan(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan mendeskripsikan masalah-masalah atau kebutuhan di sekolah menengah atas yang belum terpenuhi. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci yang menghasilkan data deskriptif berupa hasil dari wawancara dengan kepala sekolah terkait masalah ataupun hal yang dibutuhkan sekolah. Sekolah SMA Negeri 22 Gowa merupakan sekolah yang terbilang masih baru  dan baru aktif berjalan selama enam tahun, sehingga masih perlunya perbaikan dan penataan untuk memperindah sekolah tersebut. Mahasiswa KKN-PPL UNM berinisiatif untuk melakukan penataan dan memperindah sekolah dengan membangun green house untuk membuat lingkungan sekolah menjadi lebih asri. Metode dalam pembuatan green house  ini terdiri dari  tahap mendesain green house, membersihkan lahan green house, meratakan lahan green house, mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan, membuat green house, merakit dan mengecat rak tanaman,  mengisi green house dengan tanaman dan memasang spanduk green house. Pengerjaan green house sekolah SMA Negeri 22 Gowa memerlukan waktu dua minggu untuk tahap pembersihan dan perataan lahan green house, dan memerlukan waktu dua minggu untuk proses pengerjaan dan pengisian tanaman. Secara keseluruhan, green house sekolah dapat diselesaikan dalam kurung waktu empat minggu dan selesai pada tanggal 16 Juni 2021. Kini, dengan adanya green house membuat lingkungan SMA Negeri 22 Gowa menjadi lebih asri.

Kata kunci: Green house, Lingkungan, Asri

ABSTRACT

This service aims to find out, examine, and describe the problems or needs in high school that have not been met. This study uses descriptive qualitative because in this study it produces conclusions in the form of data that describe in detail which produces descriptive data in the form of results from interviews with school principals related to problems or things needed by the school. SMA Negeri 22 Gowa is a relatively new school and has only been active for six years, so that improvements and arrangements are still needed to beautify the school. UNM KKN-PPL students took the initiative to organize and beautify the school by building a green house to make the school environment more beautiful. The method in making this green house consists of the stages of designing the green house, clearing the green house land, leveling the green house land, preparing the tools and materials used, making the green house, assembling and painting plant shelves, filling the green house with plants and installing green house banners. . The work on the green house at SMA Negeri 22 Gowa takes two weeks for the cleaning and leveling stage of the green house, and takes two weeks for the process of working and filling the plants. Overall, the school's green house can be completed within four weeks and will be completed on June 16, 2021. Now, the presence of a green house makes the environment of SMA Negeri 22 Gowa more beautiful.

Keywords: Green house, Environment, Beautiful As


Full Text:

PDF

References


Hamzah,S. 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumet Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Mukhlisi. (2017). Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Perspektif Lingkungan Belajar. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman, 4 (2), 256-265.

Mulyadi, I., Muhammad R., & Wahyu. (2015). Buku Panduan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Makassar. Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Perdana, A., Holilulloh, & Yunisca N. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan, 4.

Setiawan, D., Didik N., & Evyta, W. (2016). Sistem Kendali Suhu Udara dan Kelembapan Tanah pada Miniatur Green house dengan Menggunakan Mikrokonroler Atmega 328. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Pakuan.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rifka Almunawarah, Zulfiana Zulfiana, Fira Yunita, Hikmah Fatul Jannah, Muhammad Arief Rezkiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat