Kolaborasi Pemerintah Desa Tamannyeleng dalam Kegiatan Bakti Sosial dan Penyediaan Larangan Buang Sampah di Jalan Poros PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum)

Andi Ayu Sri Rahayu Akbar(1*), Sumarni Sumarni(2), Muh Rizal Gunawan(3), Nurdiana S(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Di Indonesia, permasalahan sampah adalah masalah yang serius yang banyak dialami di sekitar kita dan membutuhkan solusi yang berkelanjutan, bukan hanya di kota bagian piggiran kota dan desa pun ditemukan. Bakti sosial dan penyiapan larang buang sampah merupakan salah satu program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPL Terpadu) Kampus FMIPA UNM. Program Kerja ini bertujuan untuk mengurangi penumpukan sampah yang ada di pinggiran jalan poros PDAM desa tamannyeleng. Program ini dilakukan dengan berkerjasama dengan masyarakat desa tamannyeleng dan aparat desa tamannyeleng. Untuk melaksanakan program ini dibutuhkan waktu selama kurang lebih satu minggu, dimulai dari waktu pembagian undangan kepada para aparat desa, serta persiapan seminar program kerja, sampai kepada tahap pelaksanaan kegiatan pelaksanaan bakti sosial.Hasil program ini yaitu pemasangan spanduk larangan buang sampah dan lingkun disekitar jalan poros PDAM bersih sampah

Kata kunci: Tumpukan sampah, Spanduk, KKN-PPL Terpadu


Full Text:

PDF

References


Eris, R, F. 2009. Penangan Masalah Persampahan dan Limbah Cair di Provinsi Banten. Jurnal Agreokotek. Vol. 1(1)

Hasibuan, R. 2016. Analsis Dampak Limbah/ Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah ‘ Advokasi’. Vol. 4(1).

Ismail, Y. 2019. Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Academics in Action Journal. Vol. 1 (1)

Irawati, D. Y., Hartono, Y. B., Marcella, O. 2019. Peningkatan Lingkungan Bersih dan Sehat di Kampung Kalisari Timur I, Surabaya. Jurnal Bakti Saintek. Vol 3(2). 47-52.

Lestari, M, R. 2020. Collaborative Governance Antara Pemerintah Desa dengan Warga Desa dalam Pengelolaan Cerobong Sampah dan Bank Sampah di Desa Kramatwatu. International Journal of Demos. Vol. 2(3).

Wibisono, A. F. dan Dewi, P. 2014. Sosialisasi Bahaya Membuang sampah Sembarangan dan Menentukan Lokasi TPA di dusun Deles Desa Jagonayan Kecamatan Ngablak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vol. 3 (1). ISSN: 2089-3086

Undang – Undang nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa

Yulian, SW, 2019. Penguatan Nilai Karakter Kepedulian Melalui Kegiatan Kerja Bakti Bagi Siswa SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Jurna pendidikan. Vol 28(3).


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Ayu Andi Yuni Sri Rahayu Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat