Meningkatkan Keterampilan Dan Pengetahuan Santri TPA Se-Kelurahan Rappokalling Melalui FAKSIN Sambut Ramadhan 2021

Nurul Hidayah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Saat ini Covid-19 yang menjadi pemasalahan di Indonesia memberikan dampak buruk pada sektor ekonomi, sosial, kesehatan dan pendidikan di Indonesia. Terkait dengan masa pandemi Covid -19 mengharuskan masyarakat di Indonesia untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan. sehingga proses pembelajaranpun harus dilaksanakan melalui pembelajaran daring. Bagi Mahasiswa akhir yang akan melaksanakan KKN diharuskan KKN Domisili guna untuk mengurangi penyabaran Covid-19 yang sebelumnya KKN Reguler dilaksanakan di luar daerah. Setiap tahun Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kota Makassar melaksanakan program kerja yaitu Munaqasyah (ujian Al-Qur’an) tetapi dikarenakan pandemi maka pembelajaran dan persiapan santri dalam ujian belum maksimal hal ini dikarenakan beberapa kendala seperti kurangnya waktu belajar.  Oleh karena itu kami mahasiswa KKN UNM mengadakan kegiatan Lomba ramadhan sebagai sarana untuk mengembangkan, menilai, dan mengevaluasi kemampuan santri dalam menghadapi Ujian Al-Qurán (Munaqasyah) 2021 TPA yang berada di kecamatan Tallo khususnya Kelurahan Rappokalling.

Kata kunci: Covid-19, KKN Domisili, Munaqasyah (ujian Al-quran), Lomba Ramadhan.


Full Text:

PDF

References


Andersen, L. W. 1981. Assessing affective characteristic in the schools. Boston: Allyn and Bacon.

Bloom, Benjamin S. dkk. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.

Kasenda, L. M., & Sentinuwo, S. (2016). Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Putri, R. N. (2020). Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705-709.

Solichin, M. (2012). Psikologi Belajar: Aplikasi Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: SUKA Press UIN Sunan Kalijaga.

Sudijono, A. (2015). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Hidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat