Pemberdayaan Sistem Hidroponik di Green House SMK-PP Negeri Rea Timur

Anindita Mujahidah(1*), Irwan Irwan(2), Magfira Magfira(3), Fahrul Rahman(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kuliah Kerja nyata (KKN) merupakan program pengabdian yang dilaksanakan lingkup Universitas kepada mahasiswa yang melaksanakan KKN. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kami laksanakan bertempat di SMK-PP Negeri Rea Timur Desa Rea,Kecamatan Binuang,Kabupaten Polewali Mandar. SMK-PP Negeri Rea Timur memiliki banyak lahan sebagai tempat pembudidayaan tanamannya .Salah satu diantaranya keberadaan green house. Diantara berbagai program kerja yang kami laksanakan di sekolah, Salah satunya pemberdayaan green house. Pembangunan green house di SMK-PP Negeri Rea Timur telah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu.  Namun, setelah green house di peradakan tidak di pergunakan sebagaimana fungsinya. Seperti yang telah diketahui, fungsi green house sebagai tempat pembudidayaan tanaman baik itu buah ataupun sayuran. Pemecahan masalah yang dilakukan yaitu dengan mengadakan system hidroponik. Metode yang digunakan pada system hidroponik ini terbagi menjadi dua yaitu: 1).  Metode DFT (`Deep Flow Technique) dan 2).Metode Irigasi tetes. Program ini diharapkan dapat menjadi usaha untuk memperdayakan fasilitas green house sebagaimana fungsinya,selain itu kita dapat pula melakukan proses pembudidayaan.Dalam pembudidayaanya,kami membudidayakan cabai, melon dan kacang panjang. Program ini kami laksanakan hingga pertengahan bulan desember 2020 namun belum sampai pada tahap panen.


Full Text:

PDF

References


Anas, D.S., dan Y. Koerniawati. 2004. Pengaruh valume dan jenis media tanam pada pertumbuhan dan hasil tanaman Selada (Lactuca sativa) dalam teknologi hidroponik sistem terapung. Dalam Kongres dan seminar nasional perhimpunan Hortikultura Indonesia. (PERHORTI), Jakarta, 22 September 2004. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Atmaja, F.D. 2009. Analisis Keseimbangan Panas pada Bak Penanaman dalam Sistem Hidroponik Deep Flow Technique (DFT). Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Fitriana Nur, Forita Diah Arianti dan Meinarti Norma Semipermas. 2014. Irigasi Tetes: Solusi Kekurangan Air pada Musim Kemarau. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah.

Hadiutomo, K. 2012. Mekanisasi Pertanian. IPB Press. Bogor.

Hardjowigeno, S. 2003. Ilmu Tanah.Akademika Pressindo. Jakarta.

Yanto Hendri, Ahmad Tusi, Sugeng Triyono. 2014. APLIKASI SISTEM IRIGASI TETES PADA TANAMAN KEMBANG KOL (Brassica Oleracea Var. Botrytis L. Subvar. Cauliflora DC) DALAM GREENHOUSE. Jurnal Teknik Pertanian LampungVol.3, No. 2: 141-154.

Mansyur, A.N., S. Triyono, dan A. Tusi. 2014. Pengaruh Naungan terhadap Perumbuhan Sawi (Brassica juncea L.) pada Sistem Hidroponik DFT (Deep Flow Technique). Jurnal Teknik Pertanian Lampung 3(2): 103-110.

Simonne, E.H., M.D.Dukes, and L.Zotarelli. 2010. Principles and Practices of Irrigation Management for Vegetables. Chapter 3. IFAS Extension. Florida.


Article Metrics

Abstract view : 216 times | PDF view : 46 times

Refbacks



Copyright (c) 2021 Anindita Mujahidah, Irwan Irwan, Magfira Magfira, Fahrul Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat