Mural sebagai Media Edukasi dan Perbaikan Visual Sekolah di SMA Negeri 4 Jeneponto

Rhian Maulana(1*), Nurdin S(2), St Hatijah(3), Yani M(4), Sugiati Sugiati(5), Sri Yurdilawati(6),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(4) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(5) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(6) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan pengabdian yang akan dilakukan adalah pembuatan mural dengan menggambarkan corak kebudayaan jeneponto dan kata kata motivasi untuk meningkatkan program sekolah SMAN 4 Jeneponto dan sebagai media pembelajaran seni rupa.selain dapat digunakan sebagai media belajar, mural juga meperindah tampilan lingkungan sekolah.Metode yang dilakukan pada pembuatan Mural ini adalah melakukan diskusi dengan pihak-pihak terkait sekolah yang akan digambarkan pada mural tersebut .Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan.Kegiatan program pengalaman lapangan (PPL) berupa pembuatan mural ini memberi tampilan baru bagi sekolah sekaligus menjadi media belajar untuk siswa mengembangkan pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Althaf, M.A., Dimas, K.A. 2017. Mural sebagai media edukasi mengenai kebudayaan kecamatan Bojongsoang dengan memanfaatkan ruang dua dimensi yang Terbengkalai. E Proceeding of Art & Design. Vol. 4, No. 3 Desember 2017. Hal: 438.

Rayindra, R.A., I Kentut, S., I Gusti, M.B. 2020. Analisis Pembelajaran Mural di Smp Negeri 1 Rogojampi. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha. Vol. 10, No. 1. p-ISSN : 2613-960x ; e-ISSN : 2613-9596

Suherman, Suherman, dkk. 2019. Mural Di Lingkungan Sekolah Dalam Konteks Pendidikan Konservasi. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 9, No. 2.

Hamid, Ali. 2018. Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Mural di SMA Negeri 3 Boyolali. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta. Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Universitas Sebelas Maret.

Saputra, Jaid Iksan. 2013. Mural & pemanfaatan ruang publik (Studi Kasus Penilaian Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Ruang Publik Melalui Mural di Kota Yogyakarta). Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta. Jurusan Ilmu Komunikasi. Universitas Sebelas Maret.

Purbawa Putra, I Nyoman. 2017. Eksistensi Komunitas Street Art Djamur. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja. Jurusan Pendidikan Seni Rupa. Universitas Pendidikan Ganesha.

Cahyanto, B., dkk. 2020. Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 1, No. 2 April 2020. Hal: 73-78


Article Metrics

Abstract view : 206 times | PDF view : 1230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rhian Maulana, Nurdin S, St Hatijah, Yani M, Sugiati Sugiati, Sri Yurdilawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat