Pemanfaatan Green House sebagai Rumah Belajar Peserta Didik untuk Budidaya Tanaman di Lingkungan Sekolah di SMPN 13 Makassar

Dwiyana Gamelia Yuddin(1*), Muh. Ainul Nuari(2), Nurlina Amiruddin(3), Rahmatiah Rahmatiah(4), Takdir Takdir(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pelestarian lingkungan dan budidaya tanaman sangat perlu dilakukan di lingkungan SMPN 13 Makassar, melihat sekolah ini merupakan sekolah adiwiyata. Pemanfaatan lingkungan sekolah khususnya green house sebagai rumah belajar menjadi wadah bagi siswa untuk bisa lebih menggali pengetahuan tentang tanaman, siswa perlu mengetahui manfaat dari berbagai jenis tanaman untuk dapat membudidayakan tanaman tersebut dengan baik. Metode penelitian dalam pemanfaat green house yaitu melakukan observasi, wawancara, perumusan masalah dan penyusunan rancangan pelaksanaan. Adapun proses pengimpelementasian program melalui beberapa tahap yaitu 1) Tahap observasi, 2) Tahap wawancara, 3) Tahap  pembenahan green house, 4) Tahap sosialisasi kepada peserta didik mengenai green house sebagai  rumah belajar budidaya tanaman, 5) Tahap budidaya tanaman green house, 6) Tahap perawatan tanaman secara berkala. Berdasarkan hasil observasi Pemanfaatan Green house sebagai Rumah Belajar Peserta Didik untuk Budidaya Tanaman di Lingkungan Sekolah di SMPN 13 Makassar adalah menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar yang menyenangkan yang juga dapat membantu peserta didik dalam proses belajar dengan konsep pendekatan dengan lingkungan dan dengan adanya program ini peserta didik akan tertanam dalam dirinya untuk mencintai lingkungannya dan memberikan susasana  atau kesempatan pada peserta didik untuk mengembangkan kepekaaan , kepedulian atau sensitivitas terhadap budidaya tanaman di lingkungan sekolah.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi. Bumi Aksara: Jakarta.

Eriawati, D. 2016. Gambaran Perilaku Klien Diabetes Mellitus Yang Pernah Mendapatkan Pendidiksn Kesehatan Di Wilayah Puskesmas Janti Kota Malang.

Hasanah, Hasyim. 2017. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8(1): 21.

Muchtar, Yulnita, Muhammad Azis, and Muhammad Rakib. 2015. “Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal, Intensitas Pendidikan Ekonomi Keluarga, Dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar).” Jurnal Economix 3(2004): 1–11.

Nurmayulis, Hermita N. 2015. Potensi Tumbuhan Obat Dalam Upaya Pemanfaatan Lahan Pekarangan Oleh Masyarakat Desa Cimenteng Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang Banten.

Ratnawati, H. and Putranti, D. (2016) ‘Pengaruh Kemasan Ramah Lingkungan Dan Informasi Terhadap Minat Beli Ulang ( Studi Konsumen Amdk Kota Semarang )’, Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, pp. 87–98.

Rakib, Muhammad, Amiruddin Tawe, Henni Zainal, and Syurwana Farwita. 2020. “The Relationship Analysis of Entrepreneurial Interests: Entrepreneurial Literacy, Self-Eficacy, and Entrepreneurial Characters Vocational Students.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 481 (Icest 2019): 25–30.

Roru M.D dkk. 2020. Corporate Social Responsibility Resor Nihiwatu. Universitas Udayana.

Tando, E. (2019). Pemanfaatan Teknologi Greenhouse Dan Hidroponik Sebagai Solusi Menghadapi Perubahan Iklim Dalam Budidaya Tanaman Hortikultura. Buana Sains, 19(1), 91-102.

Zulyetti, D. (2019). Studi Pengetahuan Siswa terhadap Jenis, Khasiat dan Cara Pemanfaatan Tanaman Obat yang Terdapat di Lingkungan Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 122-132.


Article Metrics

Abstract view : 1349 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwiyana Gamelia Yuddin, Muh. Ainul Nuari, Nurlina Amiruddin, Rahmatiah Rahmatiah, Takdir Takdir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat